Sosialisasi TP4D Tentang Pengunaan Dana Desa Diikuti Seluruh Kades

REDELONG : Kejaksaan Negeri ( Kejari) Kabupaten Bener Meriah gelar sosialisasi Tim Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D), yang di ikuti seluruh Kepala Kampung (Reje Kampung) Se-kabupaten Bener Meriah Kamis (24/8/2017) di Gedung olah raga Kejari setempat.

Dalam sambutannya Kepala Kejari Bener Meriah Rahmat Azhari, SH. M.H mengatakan, Kejaksaan Agung mempunyai visi dan misi pembangunan tahun 2015-2019 dengan 9 (sembilan) program prioritas nawacita dimana salah satunya adalah ” membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI”

Dalam arah kebijakan pembangunan daerah itu, Kata Rahmat Azhari sedikitnya ada 7 ( tujuh) poin diantaranya, Pemenuhan standar pelayanan minimum sesuai dengan kondisi geografis desa, Penanggulangan kemiskinan dan pengembangan, usaha ekonomi masyarakat desa, pembagunan sdm, peningkatan keberdayaan dan pembentukan modal sosial budaya masyarakat desa, penguatan pemerintah desa, pengolaan SDM dan lingkungan hidup berkelanjutan serta penataan ruang kawasan pedesaan perdesa, dan pengembangan ekonomi kawasan perdesaan untuk mendorong keterkaitan desa dengan kota. Sebut Rahmat Azhari.

Dia menambahkan, seperti yang kita ketahui Pemerintah pusat telah memberikan bantuan dana desa yang dikelola langsung oleh desa, guna untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang merata. Namun tidak sedikit pula Kepala desa yang tersandung dengan masalah hukum akibat salah pengolaan dana desa.

Untuk itu, lanjut Kepala Kejari Bener Meriah itu, menindak lanjuti instruksi Kejaksaan Agung seluruh Kejaksaan membentuk TP4 atau TP4D agar dapat mengawal pembangunan di tingkat desa.

Rahmat Azhari berharap, dengan adanya TP4D Reje Kampung ( Kepala desa) tidak tersangkut dengan hukum kedepanya akibat penyalahgunaan pengolaan Anggaran Desa.

Sosialisasi TP4, pada hari ini diselenggarakan diseluruh Indonesia dan diikuti seluruh Kepala desa dimasing-masing Kejaksaan. Tutur Rahmat Azhari. (Gona)

Komentar Anda
SHARE