Soal Gajah, Pemda Bener Meriah Bertemu Dirjen KSDE dan Komisi IV DPR RI

  • Whatsapp

REDELONG:Pemda Bener Meriah gelar pertemuan dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Komisi IV DPR RI bersama pihak terkait lainnya dalam rangka membahas penanganan konflik satwa liar terutama Gajah dengan manusia di Bener Meriah dan sekitarnya, Senin (24/2/2020).

Sebagaimana diketahui konflik gajah dengan masyarakat Bener Meriah yang belakangan telah kian meresahkan masyarakat setempat, terutama di Kecamatan Pintu Rime Gayo. Tercatat ratusan rumah warga dan kebun warga yang rusak, bahkan telah memakan korban manusia. Masyarakat setempat terpaksa harus mengungsi.

Hadir dalam pertemuan yang dilaksanakan di Off room Sekdakab Bener Meriah, Dirjen KSDAE, Wiratno, Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Muslim, Dir. Konservasi Keanekaragaman Hayati, Drh. Indra Exploitasia, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Ir Sahrial bersama Kepala BKSDA Agus Haryadi, S.Hut, dan jajaran, Bupati Bener Meriah beserta jajaran SKPK, juga Budayawan Fikar W Eda dan pihak terkait yang terlibat dalam pananganan konflik di Bener Meriah.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh sejumlah Reje di kecamatan Pintu Rime Gayo, yang kampungnya kerap didatangi oleh Gajah, termasuk sejumlah LSM lingkungan dan anggota DPRK Bener Meriah dari Partai Demokrat yang juga ketua Komisi D.

Pihak yang terlibat dalam pertemuan ini masing-masing memaparkan realita dan pandangannya masing-masing dalam persoalan konflik Gajah dengan masyarakat di Bener Meriah.

Setelah pertemuan ini nantinya akan dibuat rumusan-rumusan dan solusi-solusi untuk mengatasi konflik Gajah dengan masyarakat di Pintu Rime Gayo. Rumusan yang ada nantinya akan dibawa ke pusat ke kementerian terkait sehingga nantinya permasalahan krusial yang di hadapi Bener Meriah segera teratasi.

Usai pertemuan, Dirjen KSDAE dan Anggota DPR RI Komisi IV bersama rombongan menuju ke Pintu Rime Gayo untuk meninjau lokasi konflik Gajah dan Manusia di Pintu Rime Gayo dan sekitarnya. (Arsadi)

  • Whatsapp

Related posts