SMAN 1 dan Tokoh Masyarakat Mesidah Undang MPD Bener Meriah

REDELONG: Kepala SMA Negeri 1 Mudaris, S. Pd. dan Tokoh Masyarakat Mesidah megundang Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Bener Meriah ke sekolah tersebut terkait peningkatan mutu, kualitas dan memperkuat fungsi komite sekolah sebagaimana dimaksud Permendikbud nomor 75 tahun 2016, Jum’at 3/11.
Ketua MPD Bener Meriah H. Darwin MH, SE dalam sambutanya menyampaikan, “Saat ini kepala sekolah, komite dan masyarakat harus terus saling membantu, saling memperkuat dalam membina peserta didik, sekolah, mutu dan pelayanan publik, sebagaimana visi Bupati Bener Meriah untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan berdaya saing.

Ketua MPD yang baru 29 hari menjabat itu menambahkan, kedepan MPD akan terus berupaya membina dan mendampingi komite sekolah agar semakin kuat dan semakin kokoh membantu pendidikan serta mampu menjadikanya sebagai sekolah berkualitas dan melahirkan lulusan yang akan membangun Bener Meriah kedepannya. Mengingat itulah SMA ini didirikan, karena anak-anak di daerah ini banyak yang tidak mampu mengikuti pendidikan ke luar daerah.

Setelah kami lihat keliling Bener Meriah, kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak masih sangat kurang, karena itu bapak ibu orang tua agar terus membuat program bagi pendidikan anak, agar pendidikan anak tidak putus ditengah jalan yang membuat mereka terjerumus kedalam pergaulan yang dapat merusak akhlak.

Mantan Dikjar Bener Meriah itu juga menyinggung tanggung jawab pendidikan bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan sekolah, tetapi orang tua dan masyarakat juga harus berperan secara bersama-sama dengan fungsi dan tugas berbeda sesuai regulasi. Tentang kepedulian masyarakat terhadap peserta didik dan sekolah juga dirasa masih sangat kurang, oleh sebab itu terus berupaya untuk ditingkatkan, terutama orang tua harus bertanggung jawab penuh terhadap anak sendiri dan peserta didik lainya. Untuk itulah perlunya hubungan komite dengan kepala sekolah terus ditingkatkan, harus saling membantu dalam menunjang pendidikan, karena komite merupakan perpanjangan tangan orang tua dan masyarakat.

Mengingat pentingnya fungsi komite, maka harus ada kepengurusan yang disahkan kepala sekolah, aturan-aturan komite yang disusun dalam bentuk Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) serta program kerja komite untuk menopang keuangan sekolah, jadi jangan terbalik komite yang meminta uang kepada sekolah seperti selama ini terjadi tambah Darwin.

Kepala SMA Negeri 1 Mesidah Mudaris, S. Pd pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kehadiran MPD dan penjelasan yang diberikan sehingga komite dan masyarakat mengerti tentang fungsi komite sebenarnya, insya Allah kedepan akan lebih baik sebagaimana diharapkan.

Dalam pertemuan itu, selain orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat Mesidah, nampak beberapa kepala sekolah, Amiruddin, S. Pd Kepsek SMP Mesidah, Surahman, S. Pd Kepsek SD Pantan Kuli, Ihsanuddin (Acong) Kepsek SD Jamur Atu. Muhsin, S.Pd Kepsek SD Simpur dan Jul Efendi, S. Pd Kepsek SD Pantan Kemuning (THM)

Komentar Anda
SHARE