SMA N I Bandar Laksanakan Ujian Mudah Aman dengan Sistem CBT

Oleh: Ardiata*
REDELONG: SMA Negeri 1 Bandar yang dipimpin oleh Razekansyah,S.Pd. dalam menghadapi Ujian Semester akhir tahun 2017 yang sudah berlangsung selama empat hari ini membuat perubahan dimana Ujian-ujian sebelumnya menggunakan LJK Lembar Jawaban Kertas ( Paper Based Test ) namun tahun ini dengan menggunakan Komputer dan alat elektronik lainya seperti Handphone berbasis Android.

Habibi,S.pd yang merupakan salah satu Proktor dan Tekhnisi Ujian CBT ( Computer Based Test ) mengungkapkan perlu ekstra kerja keras dalam mengolah Input data bank soal kedalam server yang nantinya akan disebar ke dalam komputer Celient peserta Ujian Akhir Semester 1 tahun ini, dalam hal kinerja saat Ujian berlangsung tidak ada kendala apapun akan tetapi dengan banyaknya jumlah Siswa SMA Negeri 1 Bandar Berjumlah 462 Siswa dengan Jumlah Komputer 50 PC yang ada pasti tidak dapat memenuhi semua pasilitas Siswa yang ada, untuk membantu semua bisa terpenuhi harus dibantu dengan Laptop siswa dan Guru itu pun tidak cukup Ujar ASRI,S.pd selaku Ketua Panitia dan sekaligus Wakasek Kurikulum di SMA N 1 Bandar itu.

Ia menambahkan selebihnya kekurangan perangkat lainnya menggunakan Handphone berbasis Android, dalam pengoperasianya lewat Android langsung masuk melalui jaringan internet ( local host ) yang sebelumnya sudah di input melalui server yang sudah ada.

“Alhamdulillah dengan bantuan dua perangkat tersebut Komputer dan Handphone ujian CBT berjalan lancar”, Ujarnya.

Banyak keuntungan yang diperoleh bila memakai sistem Ujian CBT pertama mengurangi biaya anggaran dari segi kertas jawaban dan soal Ujian sekaligus mempermudah efesiensi guru bidang studi dalam mengoreksi jawaban siswa yang tidak begitu sulit juga mengurangi siswa yang menyontek karena setiap komputer Soal dan jawaban di Acak dahulu melalui Server sebut Sakban Padang, S.Pd selaku penyusun pembuatan Aplikasi.

Ia mengucapkan banyak terimakasih dengan bantuan Team Proktor dan Tekhnisi CBT SMA Negeri 1 Bandar mampu menyelesaikan 462 siswa melaksanakan ujian dalam 1 hari, dengan 3 sesi mulai dari jam pukul 08 : 00 WIB sampai dengan pukul 16 : 00 WIB ujarnya.

Harapan kedepannya dengan adanya Ujian Computer Based Test ( CBT ) supaya Siswa dan Siswi lebih giat lagi dalam proses belajar karena dalam menggunakan CBT siswa tidak bisa lagi menyontek dikarenakan soal dan jawaban diacak tutur Kepala SMA N 1 Bandar Razekansyah,S.Pd.

*Penulis adalah guru di SMAN 1 Bandar Bener Meriah, Aceh

Komentar Anda
SHARE