Sikapi Lonjakan Positif Covid-19, Pemkab Bener Meriah Gelar Rapat, Ini Kata Sekda Haili Yoga

  • Whatsapp

KABARGAYO.COM, REDELONG: Sikapi melonjaknya penambahan kasus positif Covid-19 dalam sepekan terakhir, Pemkab Bener Meriah gelar rapat bersama Forkopimda dan Forkopimda Plus, serta unsur pimpinan SKPK termasuk Kepala Pukesmas dan Camat,  di aula Sekdakab Bener Meriah, Rabu (29/7/2020).

Sebelumnya hasil Swab  uji laboratorium Balitbangkes Aceh yang menyatakan 19 warga Bener Meriah yang positif Corona dalam sepekan terakhir. Dari jumlah itu 12 orang diantara merupakan tenaga medis  

Read More

Sekda Bener Meriah, Haili Yoga usai rapat tersebut kepada awak media mengatakan dalam rapat tersebut disepakati sejumlah langkah-langkah yang diambil penyikapi perkembangan Covid-19 di Bener Meriah. yakni  memastikan penutupan sementara RSUD Muyang Kute dan melakukan sterilisasi untuk seluruh ruangan rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, bagi pasien yang dirawat di RSUD Muyang Kute yang dinilai dokter telah sehat langsung dipulangkan.

“Bagi yang belum akan diteruskan perawatan contohnya pasien jiwa”kata Haili Yoga.

Selama pelayanan UGD ditutup, pelayanan dialihkan ke salah satu Pukesmas yang di tunjuk di Bener Meriah.

“Khusus UGD, kita upaya selambat-lambatnya tiga hari, pelayanan akan dibuka kembali, jika ada kendala akan dilakukan pemberitahuan lebih lanjut”terang Haili Yoga.

Kemudian, tracking kontak erat dengan keluarga pasien positif Covid-19 terus dilakukan dan mengusahakan isolasi dari keluarga kontak erat sambil menunggu hasil selanjutnya.

Selanjutnya akan pembatasan beberapa Kampung di Bener Meriah, prihal pelaksanaan sholat Idul Adha dan bagi panitia yang melaksanakan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Sementara untuk pusat keramaian akan segera kita tutup karena sumber bertemunya massa, begitu juga untuk Meugang karena merupakan tradisi juga harus kita terapkan protokol kesehatan”sebutnya.

Lain itu, Haili Yoga juga meminta kejujuran masyarakat Bener Meriah, terutama bagi masyarakat yang baru saja bepergian keluar kota, apalagi dari zona merah.

“Kita harapkan masyarakat juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Jangan seakan-akan virus jauh dari kita, ini merupakan tanggung-jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah tapi juga tanggung-jawab masyarakat” harapnya.(KG78)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts