Shabela: Koperasi Solusi Berantas Rentenir

TAKENGON: Keberadaan Rentenir menjadi momok dan kendala utama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Mengurangi atau bahkan memberantas Rentenir menjadi bagian dari kebijakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dibawah kepemimpinan Shabela Abubakar.

Bupati yang baru menjabat selama satu bulan ini sudah mengkampanyekan untuk menghidupkan kembali Koperasi di tengah masyarakat.

“Koperasi menjadi solusi untuk memberantas rentenir di Aceh Tengah,” ungkap Shabela ketika menghadiri Rapat Anggota Tahunan ke- 20 Koperasi Telaga Biru, Minggu (28/01) di Kampung Tetunyung Kecamatan Lut Tawar.

Shabela turut mengangkat kisah sukses Reje Arul Latong yang membentuk koperasi kampung hingga selama tiga bulan berhasil memberantas 12 renternir di kampung tersebut.

Untuk mewujudkan gagasan revitalisasi koperasi ini, Shabela mengatakan akan membentuk kembali Dinas Koperasi agar koperasi yang ada di daerah itu mendapat pembinaan dan memberi dampak bagi penguatan ekonomi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Shabela memberikan apresiasi bagi Koperasi Telaga Biru yang sudah mampu bertahan dan mengembangkan koperasi selama 20 tahun.

“Tidak banyak koperasi yang mampu bertahan hingga puluhan tahun, bahkan untuk membuat Rapat Anggota Tahunan saja tidak mampu, karena itu capaian Koperasi Telaga Biru patut diapresiasi,” imbuhnya.

Ketua Koperasi Telaga Biru, Joni Fitra mengatakan koperasi yang dikelola oleh paguyuban Ikatan Keluarga Sagiran ini dibentuk tahun 2007 dengan modal awal Rp. 250 ribu, kini sudah memiliki aset mendekati Rp. 1 Miliar. Tahun 2017 lalu koperasi ini mampu membukukan keuntungan usaha bersih sebesar Rp. 54 juta. (REL)

SHARE