Server Sibuk, Partai Politik Kesulitan Unggah Dokumen Persyaratan

REDELONG: Ketua KIP Bener Meriah Muhktarudin, mengakui bahwa sejumlah Partai Politik di Kabupaten Bener Meriah kesulitan untuk mengunggah Dokumen ke Aplikasi silon KPU. Selasa (17/7/2018).

Dijelaskannya, kesulitan untuk mengunggah dokumen ke aplikasi silon KPU hal itu di akibatkan adanya gangguan sambungan, sebab seluruh daerah mulai memasukan pada hari-hari terahir, sehingga server, sibuk dan mengalami kemacetan dan sulit untuk di akses.

Ia menambahkan, KPU telah mengantisipasi hal itu dan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada semua parpol selaku peserta pemilu 2019 satu bulan sebelum waktu pendaftaran dimulai, Kita sudah menyampaikan kepada penghubung dan operator untuk mempersiapkan dokumen pencalonan dan syarat calon, untuk diunggah sejak waktu pendaftaran dibuka,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 seluruh dokumen persyaratan harus diunggah terlebih dahulu ke aplikasi Silon dan tidak bisa melakukan pendaftaran tanpa mengunggah terlebih dahulu.

” Memang sejak H min 5 penutupan pendaftaran memang sulit untuk di akses dan kita bisa bayangkan kurang lebih 504 KPU kabupaten Kota seluruh Indonesia melalui mengupload ke server yang sama” terang Muhktarudin.

Pihaknya juga mengaku, telah menerima arahan dari KPU dan memberikan kemudahan kepada peserta pemilu 2019 untuk segera mendaftar ke KIP dengan catatan harus memenuhi syarat pencalonan dengan melampirkan DB1, DB2 dan DB3.

“ Kita Akan menerima dokumen asli Hard copynya dan tidak perlu menuggu dokumen softcopy melalui silon dan terhadap sarat calon, seperti leges ijazah, surat kesehatan dan surat terdaftar sebagai pemilih bisa disampaikan pada saat perbaikan 21 Juli sampai 31 2018, “ sebutnya.

Namun demikian pihaknya mengaku akan membuat surat pernyataan bagi masing masing partai yang akan mendaftar bahwa mereka mengalami kesulitan mengakses ke aplikasi silon dan mewajibakan mereka untuk tetap mengupload semua dokumen persyaratan itu ke aplikasi silon untuk uji publik. (Wein Pengembara)

SHARE