Serudang Mango Cover Lagu “Jejari Manis dan Perjelenen” Kolaborasi Etnik dan Modern

Group Band Serudang Mango (Photo/Ist)

Kabargayo.com, Takengon: Grup band bergenre etnik dari dataran tinggi Gayo, Serudang Mango merilis lagu ke duanya.
Allhamdulillah.. Telah rilis lagu gayo dari kami, band serudang mango. di lagu kali ini kami mencoba meng-cover dua lagu ciptaan Almarhum Ceh To’et yang dijadikan satu arransemen berjudul “Jejari Manis dan Perjelenen”.

Ceh To’et Adalah seorang ceh yang mendirikan group didong Siner Pagi yang terletak di kampung Gelelungi. Ceh To’et adalah satu-satunya ceh yang pertama menggabungkan antara syair-syair didong dengan musik modern.

Read More

Maksud dari arransmen Medley kedua lagu ini untuk mengangkat kreatifitas dalam bermusik yang ketika jenis-jenis lagu gayo bisa di kreasikan tanpa batas tanpa mengubah unsur etnik dari musik & lagunya.

Komposer lagu Serudang Mango, Zikri WG, mengutarakan special ucapan terima kasih kepada Guntur, selaku anak kandung dari Almarhum Cehh To’et yang telah memberikan izin kepada kami untuk membawa lagu ini.

“Ucapan terimakasih kami untuk seluruh pihak yang telah berkontribusi dan mensupport dari awal hingga project ini selesai, dan kami mohon kritik dan saran demi memajukan lagu-lagu gayo untuk selanjutnya,” kata Zikri kepada Wartawan, Kamis 02/12/2021.

Ia juga mengaku, sentuhan musik dalam lagu kedua ini lebih difokuskan kepada etnik Gayo yang dikalaborasikan dengan musik modern.

“Kehadiran berbagai genre musik di dunia, tak membuat musik etnik padam, sentuhan musik etnik selalu saja dinantikan berbagai kalangan, tak terkecuali Gayo,” ujarnya.

Dalam lagu kedua ini kata Zikri, Serudang Mango masih tetap menyentuh kepada budaya dan tradisi di Gayo dan mengover lagu Awan Ceh To’et.

“Ini sekaligus sebagai bentuk kecintaan kita agar budaya Gayo itu tidak tergerus dengan era moderenisasi,” katanya.

Ia berharap, lagu diunggah lewat channel youtube Serudang Mango tersebut, dapat diterima berbagai kalangan, sebagai karya dari musisi-musisi muda tanoh Gayo.
Bagaimana, gubahan lagu dan musik sentuhan Serudang Mango.

saksikan video nya di Youtube…

Related posts