Seribuan Warga Aceh Tengah Daftar Bantuan Presiden UMKM Rp2,4 Juta

  • Whatsapp
Seribuan Warga Aceh Tengah daftar Bantuan Presiden (BanPres) (Foto/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Aceh Tengah prediksi seribuan warga yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten tersebut menyerahkan berkas untuk menerima bantuan modal kerja sebesar Rp2.400.000 bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bantuan diberi nama Bantuan Presiden (BanPres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu untuk membantu pelaku usaha kecil dari dampak Covid-19. “Kita prediksi ada seribuan warga yang menyerahkan berkas ke kami,” kata Kepala Disperindagkop dan UKM Joharsyah melalui Kabid Koperasi Arni Sari Lubis sat ditemui media ini diruang kerjanya, Senin 14/09/2020 di Pegasing.

Read More

Berkas yang telah diserahkan masyarakat itu kata Arni akan diinput dan dikirim ke BPKP Provinsi Aceh, lalu ke Kementerian Koperasi dan UKM RI, yg nantinya mereka akan memverifikasi dgn melibatkan OJK.

“Kami hanya menerima berkas dan menginput data masyarakat, selebihnya yang menentukan bukan kami, makanya kami terima berapapun berkas yang masuk, karena kuota tidak terbatas untuk setiap Kabupaten/Kota,” terang Arni Sari Lubis.

Untuk Kabupaten Aceh Tengah telah dilakukan pencairan tahap pertama beberapa waktu yang lalu, data dari Bank BRi sebanyak 150 orang sudah mencairkan bantuan itu.

Sementara itu, Joharsyah menyebut, tidak semua pelaku usaha mendapat bantuan itu meski berkasnya telah dilayangkan ke dinas, bantuan tersebut hanya diberikan kepada pengusaha kecil yang baru memulai usahanya atau sudah menekuni sejak lama.

“pelaku usaha kecil tidak berhak menerima, jika sedang menerima Kredit Modal Usaha Rakyat (KUR) atau kredit lain dari Perbankan dan ASN, Anggota TNI/Polri atau Pegawai BUMN/BUMD tidak berhak menerima,” terang Johar.

Pihaknya belum mengetahui apakah masih dibuka pendaftaran bagi pelaku usaha mikro, menurutnya, jikapun diminta akan diumumkan kemudian. “Kita belum tahu apakah masih ada tahap selanjutnya, total penerima bantuan ini adalah 12 Juta warga Indonesia, mudah-mudahan masih ada,” timpal Joharsyah.

Pantauan media ini, Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah disesaki warga yang mendaftar, bahkan semua Foto Kopi dilokasi itu penuh dengan antrian warga.

Syarat yang dibawa masyarakat adalah, Surat Keterangan Usaha dari Kepala Desa, Biodata diri dilampirkan dengan foto usaha dan Foto Kopi KTP dan KK, Pendaftaran itu tutup hari ini pukul 14.00 Wib dan telah dibuka beberapa waktu yang lalu. (KG31)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts