Sepanjang 2018-2019, Pemda Bener Meriah Realisasikan 2.700 Rumah Layak Huni

  • Whatsapp
Salah satu pembangunan rumah layak huni di Bener Meriah

KABARGAYO.COM, Re: Sepanjang tahun 2018 hingga 2019 Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menyebutkan dari 2.700 unit Rumah Tidak Layak Huni telah menjadi Rumah Layak Huni di Kabupaten Bener Meriah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Humas Bener, Wahidi kepada Media ini, Selasa (16/6/2020). Ia menerangkan anggaran Program Rehabilitasi Rumah Dhuafa atau Rumah Tidak Layak Huni ini berasal dari berbagai sumber yakni APBN, APBA, OTSUS, APBK dan Baitul Mal baik Provinsi maupun Kabupaten.

Read More

Saat ditanya rincian Rumah Layak Huni tersebut Wahidi menerangkan jumlah tersebut merupakan data secara global. “Jumlah itu secara global, dari 2018 hingga 2019″terangnya.

“Salah satu tujuan program ini adalah untuk mengentaskan kemiskinan, agar Masyarakat yang secara ekonomi kurang beruntung, kebutuhan dasarnya seperti Rumah dapat terpenuhi”jelasnya.

Ia menerangkan program ini memiliki dua jenis kegiatan, pertama Pembangunan Rumah artinya, Masyarakat mendapatkan bantuan penuh dan hanya menyiapkan lahan atau tapak rumah. Pemerintah akan membangun rumah diatas tapak rumah yang telah disiapkan.

Yang kedua adalah Rehab Rumah, maksudnya, masyarakat mendapatkan bantuan dari Pemerintah hanya untuk perbaikan Rumah yang mungkin bagian-bagian rumah tersebut telah rusak, seperti misal atap yang bocor diperbaiki, lantai yang mungkin struktur tanah akan di semen dan lain sebagainya.

Ia merincikan program Rehabilitasi Rumah memiliki syarat dan ketentuan bagi calon penerima seperti, memiliki lahan rumah sendiri, usia minimal 45 tahun, masuk dalam kategori Masyarakat kurang mampu dan atau mengacu pada Basis Data Terpadu (BDT).

Ketentuan lainnya, menghuni satu-satunya rumah tidak layak huni dan atau belum memiliki rumah, belum pernah mendapatkan bantuan rumah atau sejenisnya dan syarat2 khusus lainnya yang telah ditetapkan.(KG78)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts