Seminar Parenting  Ancaman Kekerasan Seksual Digelar di Bener Meriah

REDELONG: Persaudaraan muslimah (SALIMAH) Kabupaten Bener Meriah bekerjasama dengan PAHAM (Pos Advokasi Hukum dan HAM)  mengadakan  seminar parenting bertajuk Ancaman Kekerasan Seksual Pada Anak dan Ketahanan Keluarga, di Aula Setdakab Bener Meriah, Selasa (05/12). Acara ini dibuka oleh Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh asisten III Administrasi Umum, Drs. Suarman, MM, dengan peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari para guru, tenaga kesehatan dan para orangtua. Sementara pemateri adalah Elly Risman dan Feizal Syahmenan, para pakar parenting dari Jakarta.

Menurut ketua panitia seminar parenting, Siska Andriani, acara ini  diselenggarakan agar masyarakat lebih aware tentang bahaya predator anak disekitar kita, serta menekankan pentingnya pendidikan seksual bagi anak.

“Pendidikan seksual sebaiknya perlu diperkenalkan sejak dini kepada anak.  Agar anak dapat memperoleh pengertian mereka sendiri mengenai seks yang tidak sesuai dengan yang norma susila, tubuh serta moral. Dengan memberikan pendidikan seks pada anak, kita membantu anak-anak untuk mengembangkan perilaku seks yang sehat dan mengajarkan pemikiran tentang seks yang bertanggungjawab” demikian ujar Siska.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah dalam sambutannya yang diwakili oleh Drs. Suarman, MM mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan seminar parenting ini. Seminar ini merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan terhadap situasi dan kondisi anak-anak indonesia dewasa ini.

“kita perlu memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup untuk dapat membekali anak-anak agar tidak menjadi korban. Memang persepsi masyarakat mengenai pendidikan seks masih dianggap tabu untuk dibicarakan bersama anak. Ini yang harus dibenahi bersama untuk membekali anak agar bisa melawan arus globalisasi yang semakin transparan dalam berbagai hal termasuk seksualitas” tambah Suarman lagi. (REL

Komentar Anda
SHARE