Semarak Expo Kopi IAIN Takengon dan Secangkir Kopi Gratis

  • Whatsapp
Pintu masuk menuju kegiatan Expo Kopi 2020 IAIN Takengon (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Kegiatan Expo kopi yang diselenggarakan oleh Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon berlangsung semarak, kegiatan itu berlangsung dihalaman kampus induk, diikuti 12 program studi dilingkungan kampus serta melibatkan peserta didik tingkat SMA/MA sederajat Aceh Tengah dan Bener Meriah, Rabu 16/12/2020.

Tak hanya mendirikan stand-stand khusus yang bertemakan kopi, panitia turut menyuguhkan tampilan-tampilan dari prodi dan jurusan yang ada di Kampus tersebut, bahkan dari UKK dan UKM.

Read More

Kegiatan tersebut mengusung tema “Menuju Interpreneur muda yang tangguh di Era Digital”. Para peserta turut menyuguhkan makanan khas tradisional Lepat dan Gutel sekaligus kopi gratis untuk pengunjung.

Rektor IAIN Takengon Dr Zulkarnain.M.Ag melalui Wakil Ketua bidang akademik dan kerjasama Dr Almusanna.M.Ag mengatakan, kegiatan itu sengaja digelar untuk mempererat kekeluargaan, sekaligus mempromosikan eksistensi kapasitas IAIN Takengon.

Lain itu, untuk melepas penat dan kejenuhan mahasiswa, mengingat selama Pandemi Covid-19 proses perkuliahan berlangsung secara online (Daring-red) tentu rasa penat dan jenuh dirasakan oleh mereka.

“Tentu proses perkuliahan Daring ada kejenuhan tersendiri, dengan adanya kegiatan expo kopi ini kiranya dapat meningkatkan kekeluargaan kita dan berupaya melestarikan kearifan lokal budaya Gayo, sekaligus menyeduh kopi” terang Almusanna.

Meski cuaca dirundung gerimis, para peserta tetap semangat menyuguhkan kopi kepada pengunjung yang hadir. Tentu hal utama yang harus diterapkan dilokasi Protokol Kesehatan (Prokes).

Protokol Covid-19 selalu diumumkan dipanggung utama, mahasiswa dan pengunjung diharap mengerti dan paham dengan situasi Negara Indonesia bahkan dunia saat ini, Corona masih mengintai, untuk memutus penyebaranya peserta dan pengunjung diwajibkan mengenakan masker.

Terpisah, Wakil Ketua III bidang alumni dan kemahasiswaan Hendrianto Bujangga mengaku, kegiatan serupa diupayakan akan digelar selama dua kali dalam setahun. pastinya melalui evalasi yang telah dilakukan pihak kampus.

Menurut pria kelahiran Pepayungen Angkup itu, kreatifitas sekaligus inovasi mahasiswa harus terus disalurkan lewat event-event seperti yang dilakukan hari ini. Menurutnya, kegiatan Expo akan digelar secara benda dan Non Benda.

“Ini akan kita upayakan akan digelar selama dua kali dalam setahun, dengan cara ini bisa terlihat secara kasat mata apa kreatifitas yang dimiliki mahasiswa, seperti hari ini, mahasiswa mampu meracik kopi sesuai keahlianya, membuat stand-stand khsusus sesuai kreatifitas mereka,” terang Hendrianto Bujangga, memetik sebuah penggalan kalimat yang sedang trend di Gayo “Ara Kupi, Ara Cerite”, maknanya adalah ada kopi ada cerita.

Hendrianto mengakui, situasi Covid-19 membuat pergerakan mahasiswa terbatas lantaran harus menjaga jarak sosial. “Mudah-mudahan kegiatan selanjutnya wabah ini telah berlalu,” tutupnya.

Wakil Ketua III IAIN Takengon Hendrianto Bujangga saat menyerahkan hadiah diakhir acara Expo Kopi 2020 (Photo/Kabargayo)

Diakhir acara, panitia telah menyiapkan hadiah bagi stand dan pengunjung teramai, sekaligus penampilan-penampilan yang unik mendapatkan hadiah dari panitia. (KG31)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts