Sekda Bener Meriah Minta Perkuat  Fungsi Kelembaga Mensukseskan Pilkada

0

REDELONG : Mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ),  Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah melalui Badan Kasbangpol melaksanakan rapat koordinasi persiapan pemilukada tahun 2017 Rabu ( 21/12 ) dialua Sekdakab setempat.

Dalam sambutanya Plt Bupati Bener Meriah Drs Hasanuddin Darjo. MM yang diwakili Seketaris daerah ( Sekda ) Drs Ismarissiska. MM menyampaikan, mensukseskan Pilkada adalah merupakan tugas bersama. Untuk itu perlu kita semua  membuat kometmen bersama agar pelaksanaan Pilkada berjalan sukses.

” Fungsi kelembagaan harus diperkuat, serta forum komunikasi dan koordinadi kecamatan harus ditingkatkan. Karena bila satu kampung saja gagal mensukseskan pilkada maka satu Kabupaten diangab tidak sukses ” kata Ismarissiska.

Di Bener Meriah ada dua Kecamatan yang marginal, lanjut Ismarissiska yaitu Kecamatan Syiah Utama dan Mesidah, dalam proaes penyaluran logistik dan sampai pemungutan pengangkutan hasil pemungutan suara harus dikawal dengan seksama. Serta hasil pelaporan dari TPS dan Kecamatan harus selaras nantinya. Pinta Seketaris daerah itu.

Ismarissiska juga tak bosan menyampaikan, pada tanggal 7 Januari 2017 kita akan memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Bener Meriah ke 13, serta akan melaksanakan even pacuan kuda tradisional pada momen tersebut diharapkan agar tidak mempergunakan atribut partai serta nomor karena itu dapat ditapsirkan nanti seolah mendukung salah satu Pasangan calon. Terangnya.

Sementara itu Ketua Majlis Permuyawatatan Ulama ( MPU ) Bener Meriah Tgk Almuzani meminta, dalam pemilu kada yang telah memasuki tahapan kampanye agar segala jenis bantuan sosial ( bansos ) baik dari pemetintah untuk direm sementara waktu ( ditunda ). Karena kita kwatir itu dapat dimamfaatkan oleh pihak pihak yang menguntungkan salah satu kandidat calon. Ujarnya.

Camat Permata Drs Rais Abidin dalam kesempatan tersebut mempertanyakan, dalam netralitas pegawai negeri sipil ( PNS ) pada pilkada Subtansi bagai mana yang dimaksut netralitasnya ? Karena menurutnya sebagai PNS juga punya hak pilih. Lanjutnya lagi dalam menentuian pilihan tentunya kami juga harus mengetahui visi dan misi Pasangan calon tersebut. Tanya Rais.

” Apakah untuk menyaksikan dan mendengar visi misi yang disampaikan didalam kampanye tersebut nanti pns tidak diperbolehkan “

Rais menambahkan, Camat dalam tofuksinya sebahai pengkoordinasian ditingkat kecamatan, menurut hemat saya pelangaran yang sanggat rentan itu terjadi ditingkat kecamatan, untuk itu dalam kesempatan ini kami meminta agar pengamanan dari pihak Satuan  Polisi Pamong Praja ( Satpol- PP ) ditambah lagi personilnya dikecamatan. Pinta Camat Permata itu.

Menangapi apa yang ditanyakan camat Permata Ketua Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) Bener Meriah Muktaruddin, SE mengatakan, PNS juga punya hak mengkritiki visi misi Paslon, serta juga diperbolehkan PNS menyaksikan dan mendengarkan visi dan misi calon saat kampanye dengen catatan tidak diwaktu jam kerja PNS, serta tidak memakai pakaian dinas. Tutur Muktaruddin.

Mulyadi, SH Wakil Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Redelong simpang tiga juga menyahuti terkait netralitas PNS yang ditanyak, yang tidak boleh dilakukan PNS dalam pilkada ini adalah merugikan salah satu Paslon, dan menguntungkan paslon dengan mempengaruhi orang lain untuk mendukung salah satu kandidat. Paparnya.

Rapat koordinasi Persiapan pemilukada yang diselengarkan Badan Kesatuan bangsa dan politik ( Kasbangpol ) Bener Meriah diikuti, Forkopimda dan Forkopimda plus, Camat, perwakilan Pemuda, KIP. ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE