Sekda Aceh Buka Rakerda Dekranasda

0

REDELONG : Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Aceh Drs. Dermawan, MM membuka acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tahun 2016 di Kabupaten Bener Meriah, Selasa (18/10).


Turut hadir dalam acara tersebut, Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh, Anggota DPRA Bardan Sahidi, Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten Bener Meriah, para pejabat perangkat daerah Kabupaten Bener Meriah, Ketua DeKranasda Aceh, para ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh beserta anggota, para ketua organisasi wanita  dalam Kabupaten Bener Meriah.


Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh dalam kesempatan itu menyampaikan, Dekranas berperan penting untuk mempromosikan produk-produk kerajinan daerah, sehingga secara langsung dapat meningkatkan pendapatan pengrajin. Dekranas juga memiliki andil dalam melestarikan budaya daerah melalui penggunaan produk-produk kerajinan kita.


“Para pengrajin diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan kualitas produk, tetapi juga dapat menjadi raja dirumah sendiri, mengingat Indonesia sudah menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adanya MEA tentunya menjadi tantangan bagi produk-produk dalam negeri. Kita berharap produk local harus memiliki kualitas bagus dengan harga yang bersaing, tentunya kita juga sebagai masyarakat Aceh harus member aspresiasi pada produk-produk local,”pinta Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah.


Dia menambahkan, melalui Rakerda dekranasda se-provinsi Aceh Tahun 2016 ini kami berharap akan tumbuh semangat kebersamaan dan inovasi untuk membangun masyarakat pengrajin dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam meraih pasar. “Kepada Bapak Gubernur Aceh dan para pengurus Dekranas Aceh, kami berharap kita bias bekerjasama sebagai mitra untuk memajukan para pengrajin baik mutu maupun kualitas produksi para pengrajin, juga bantuan berupa pelatihan dan pemodalan kepada para pengrajin,”pinta Drs. H. Rusli M Saleh. 

Drs. Dermawan, MM dalam arahan Gubernur Aceh menyampaikan, Rakerda semoga dapat semakin meningkatkan semangat kinerja, dalam rangka memakmurkan ekonomi, sebagaimana dari visi Dekranasda Aceh, yang tentunya merupakan suatu upaya yang patut dihargai apalagi dilakukaan secara terpadu diseluruh wilayah Aceh, sehingga merupakan wujud kebersamaan dalam pembangunan Aceh.


Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Aceh saat ini tengah giat-giatnya mengupayakan kebangkitan ekonomi rakyat, Pemerintah Aceh sedang berusaha keras mendorong investasi agar masuk ke Aceh untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat hingga dipelosok kampung. Selain itu, sarana dan prasarana inprastruktur yang terus ditingkatkan oleh Pemerintah Aceh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Semua ini ditujukan untuk meningkatkan produktifitas semua bidang usaha termasuk untuk pengembangan usaha kerajianan rakyat, dalam kaitan ini, keberadaan Dekranasda Aceh sebagai salah satu motor dalam pengembangan ekonomi kerakyatan menjadi semakin penting dan strategis sebagai salah satu komponen pembina masyarakat, Dekranasda diharapkan mempunyai program yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya di kampung-kampung.


 Tugas ini penuh tantangan mengingat pemberlakukan pasar global MEA yang menuntut para pengrajin kita mampu tangtangan persaingan yang semakin tajam, untuk itu seluruh unsur yang terlibat dalam pemberdayaan masyarakat di Aceh harus bersatu padu menjunjung kemajuan hasil kerajinan rakyar, untuk itu saya meminta kepada Dekranasda Aceh dan lembaga-lembaga pemerintah, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koprasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Parawisata, Badan Investasi dan Promosi Aceh serta Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya agar mensinergikan program masing-masing guna merumuskan langkah memajukan kerajinan rakyat dalam membangun kreatibilitas pengrajin dan meningkatkan kuliatas kerajianannya untuk mampu bersaing dalam menghadapi pasar global MEA, demikian juga kepada para pengrajin agar tidak bosan-bosan meningkatkan kapasitas dan skil yang dimiliki serta terus menambah wawasan dan pengetahuan untuk menunjung produktifitasnya.


” Jika ini semua kita lakukan niscaya langkah memajukan hasil kerajianan Aceh lebih terarah dan sempurna, program ini hendaknya mampu menambah lapangan kerja dan memberi tambahkan bagi ekonomi keluarga,”kata Sekda Aceh itu.


Sementara itu Ketua Dekranasda Aceh Hj. Niazah A. Hamid dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Bupati Bener Meriah dan Ketua Dekranas Kabupaten Bener Meriah yang telah mempasilitasi seluruh kegiatan dan Rakerda Dekranasda Aceh, “saya atas nama ketua Dekranasda Aceh mengucapkan terimakasih kepada bapak bupati, ketua dekranas serta seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Bener Meriah atas sambutan yang meriah serta fasilitas yang diberikan untuk Rakerda di Kabupaten Bener Meriah ini.”ucap Ketua Dekranasda Aceh itu.


Katanya, Rakerda Dekranasda Aceh sengaja diselenggarakan setiap tahunnya diberbagai daerah, gunanya untuk lebih dapat mengenal daerah serta hasil-hasil kerajinan kerajinanya, tahun lagu ujar Hj. Niazah A. Hamid Rakerda diselenggarakan  di Kabupaten Subulussalam dan tahun ini di kabupaten Bener Meriah,” saya berharap kegiatan Rakerda Dekranasda Aceh Se-Aceh di Kabupaten Bener Meriah ini dapat member kesan tersendiri bagi peserta sehingga Kabupaten Bener Meriah bisa menjadi tonggak bangkitnya usaha kerajinan rakyat Aceh,”harap Ketua Dekranasda Aceh.


Sementara itu Ketua Dekranas Kabupaten Bener Meriah dalam laporannya mengatakan, sebelum pembukaan Rakerda Dekranas ini, kemarin Senin Tanggal 17 Oktober 2016 sudah dibuka pemeran kerajinan dan makanan unggulan se-Provinsi Aceh.


“Diadakannya Rakerda Dekranasda di Kabupaten Bener Meriah merupakan kebanggaan bagi kami, karena itu, kami sangat berterimakasih atas kehadiran bapak Gubernur dan ibu ketua Dekranas Aceh serta para ketua Dekranas se-Aceh, mudah-mudahan Rakerda Dekranas ini berjalan lancer tanpa  kendala berarti. Di dalam Rakerda nanti, kita juga akan membahas berbagai masalah yang terjadi di dalam industry kerajinan local serta mencari solusinya agar para pengrajin local dapat terangkat kehidupan perekonomiannya dan lebih sejahtera, juga diharapkan dari Rakerda ini akan tumbuh semangat kebersamaan diantara kita untuk meningkatkan inovasi dalam membangun masyarakat pengrajin local, meningkatkan produktivitas, serta daya saing dalam meraih pasa,”demikian Ketua Dekranas Kabupaten Bener Meriah Ny. Rakhminar.(Rel)   

Komentar Anda
SHARE