SD IT Cendekia Takengon Gelar Mukhayyam Alquran

TAKENGON: Sekolah Dasar (SD) IT Cendekia Takengon yang merupakan salah satu unit kegiatan dari Yayasan Generasi Gemilang Takengon melaksanakan kegiatan Mukhayyam Alquran, kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari, kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 20 – 25 Maret 2018.

Seremoni acara pembukaan kegiatannya telah dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2018 di Mesjid Quba Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, acara ini dibuka oleh Ketua Komite SD IT Cendekia Takengon Dr. Almusanna.

Efrida Laila Fitri, Spd. Ketua pelaksana kegiatan Mukhayyam Alquran ini dalam sambutannya di acara pembukaan kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 101 orang siswa yang berasal dari kelas 3, 4 dan 5 SD IT Cendekia Takengon. Dari jumlah itu 34 orang merupakan murid laki-laki dan 67 murid perempuan.

“Hasil akhir yang ingin dicapai dalam kegiatan ini salah satunya adalah siswa dan siswi yang mengikuti mukhayyam ini nantinya diharapkan mampu menghapal 1 Juz dan 3 lembar ayat-aya suci Alquran” terang Efrida.

Mukhayyam berasal dari bahasa Arab yang berarti berkemah atau biasa disebut camping, dalam Mukhayyam Alquran untuk siswa siswi SD IT Cendekia Takengon ini kegiatan diutamakan untuk menghapal Alquran dan tentunya harus semua kegiatannya sesuai dengan syariat Islam.

“Kegiatan-kegiatan dalam Mukhayyam Alquran ini selain kegiatan ibadah wajib adalah menghapal alquran, shalat malam, shalat dhuha dan kegiatan-kegiatan fisik lainnya.” Tambah Efrida.

“Di hari terakhir akan ada kegiatan Tasmi yaitu kegiatan memperdengarkan hafalan ayat-ayat Alquran kepada orang tua,” Tutup Efrida.

Nantinya kegiatan utama Mukhayyam ini akan difokuskan di dua tempat, yaitu di Desa Kebet untuk murid laki-laki dan Desa Mongal untuk murid perempuan.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut adalah wali murid para siswa dan siswi, Naim, SPd. Kepala Sekolah SD IT Cendekia, dewan guru serta Ilawarni, SSi. Ketua Yayasan Generasi Gemilang Takengon.

Ilawarni sebagai ketua yayasan menambahkan bahwa kegiatan Mukhayyam ini direncanakan menjadi unit tersendiri dibawah Yayasan Generasi Gemilang, untuk mendukung itu yayasan telah memiliki sumber daya manusia yang cukup yaitu 4 orang penghafal alquran (hafidz) yang terdiri dari tiga orang perempuan dan satu orang laki-laki.

“Kegiatan mukhayyam ini merupakan kegiatan yang ketiga, pada awalnya kegiatan ini khusus untuk anak-anak kelas enam tetapi tidak menginap, pada kegiatan kedua menginap dengan target mencapai syarat hapalan dan yang ketiga sekarang ini durasinya lebih panjang dan salah satu syarat peserta harus sudah menghapal minimal 1 juz Alquran,” Terang Ilawarni.

Yayasan Generasi Gemilang Takengon sekarang ini memiliki empat unit kegiatan yaitu tempat penitipan anak Rumah Cinta Anak, Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak, SD IT Cendekia, Koperasi dan rencananya akan segera menerima siswa siswi untuk SMP IT Cendekia.(REL)

SHARE