Satu Orang Calon Wakil Bupati Bener Meriah Gugur Tes Kesehatan

Iwan Kurnia Ketua KIP dan Muhtaruddin Komisioner Bidang Devisi Teknis 

REDELONG-Salah satu Bakal Calon Wakil Bupati Bener Meriah  ditetapkan kan gugur, dalam rapat pleno yang dilakukan Komisioner KIP Bener Meriah Kamis ( 29/9 ) di Kantor KIP setempat.Pleno penetapan hasil tes kesehatan yang di pimpin Iwan Kurnia yang merupakan Ketua KIP dan tiga komisioner nya Mutaruddin komisioner bidang devisi Teknis dan Ketua pokja pencalonan, Rosmanila, Anwar Hidayah. Menetapkan satu dari empat belas bakal pasangan calon Bupati dan wakil Bupati tidak memenuhi syarat ( TMS ) berdasarkan hasil yang di sampai kan tim penguji kesehatan di Banda Aceh.

Dalam konferensi pers Ketua KIP Bener Meriah Iwan Kurnia di dampingi dua komisioner nya Mutaruddin dan Rosmanila menyampaikan, dari 14 peserta calon Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah    yang mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh oleh tem penguji kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) dan BNN yang telah menyampaikan hasilnya pada KIP Bener Meriah bahwa salah satu peserta Bakal Calon Wakil Bupati tidak memenuhi syarat. Papar Iwan Kurnia.

Hal senada juga di sampaikan Mutaruddin, sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2016 pada pasal 77 ayat 1 mengatakan pergantian bakal pasangan calon yang di lakukan partai politik atau gabungan partai Pengusung juga bagi calon perseorangan dalam huruf a. Mengatakan apabila calon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan, b. atau calon tersebut berhalangan tetap dan huruf c. calon tersebut di jatuhi pidana berdasarkan UU.

Tindak lanjut dari pasal 77 untuk pergantian yang dilakukan partai politik   juga di atur pada pasal, 78 ayat 1 huruf a. Pergantian yang dilakukan sampai dengan tahapan verifikasi persyaratan calon, b. Sebelum penetapan pasangan calon,  c. Sampai penetapan calon 30 hari sebelum pemungutan suara.

“Bakal calon Wakil Bupati  yang tidak memenuhi syarat kesehatan dari hasil yang di lakukan tim uji kesehatan adalah saudara Darwin yang diusung Partai politik PDI.P dan PAN yang berpasangan dengan Riduan.AM.MT“ujar Muhtaruddin.(Gona)

Komentar Anda
SHARE