Saman 10001 Sukses, Pemerintah Pusat Diharapkan Bangun Saman Center di Gayo Lues

0

BLANGKEJEREN: Pagelaran Saman Kolosal dengan 10001 penari yang diselenggarakan oleh kabupaten Gayo Lues berjalan sukses, Puluhan ribu orang penuhi stadion Seribu Bukit, Blangkejeren  untuk saksikan acara ini, Minggu, (13/8/2017).
Perhelatan akbar ini menjadi daya tarik dan menyedot perhatian wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun dari luar Aceh bahkan dari luar negeri.

Setelah sehari sebelumnya dilakukan gladi bersih, panitia juga menyiapkan layar tancap di luar stadion di beberapa titik bagi yang tidak bisa masuk ke studion untuk menyaksikan pagelaran budaya tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues Syafrudin,S.Sos kepada Kabargayo mengatakan, keberhasilan digelarnya event Akbar ini merupakan hasil kerja semua pihak. Kesuksesan kegiatan ini membuktikan bahwa rakyat Gayo, khususnya Gayo Lues sangat cinta akan budaya mereka sendiri itu terbukti meski dengan keterbatasan yang ada masyarakat rela dan berkorban untuk membantu suksesnya acara tersebut.

“Semoga dengan diadakan Saman 10001 ini, akan mendapatkan perhatian dari Pemerintah pusat dan kita berharap pemerintah pusat untuk membangun Saman Center di Gayo Lues, Sehingga nantinya siapapun yang ingin belajar  tentang Saman dapat belajar ke Gayo Lues”ujar Safrudin.

Pelaksanaan Tari Saman massal yang direncanakan berjumlah 10001 orang, dengan antusias masyarakat, peserta yang ikut memeriahkan tarian Saman itu membengkak menjadi 12662 penari dan berhasil pecahkan Rekor Muri. Jumlah ini merupakan pemecahan Rekor MURI yang pernah ada dalam perhelatan Tari Saman sebelumnya.(Arsadi Laksamana)

Komentar Anda
SHARE