Saberpungli dalam Pengelolaan Dana Desa  Disosialisakan di Bener Meriah

0

REDELONG : Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh membuka kegiatan sosialisasi Saberpungli dalam pengelolaan dana desa di Gedung Olah Raga dan Seni (GORS) Pemerintah Kabupaten setempat, Kamis (6/4).

Turut hadir dalam acara yang digelar oleh Satgas Saberpungli Kabupaten Bener Meriah itu Ketua Satgas Saberpungli Aceh Kombes Pol. Dr. Darmawan Sutarwijaya, SE, M.Hum, Ketua Saberpungli Kabupaten Bener Meriah Kompol Jufriadi R, SE, Unsur Forkopimda, Sekrataris Daerah Bener Meriah Drs. Ismarissiska, M.Si, para asisten bupati, unsur pejabat perangkat daerah, para camat, para reje kampung, serta unsur masyarakat.

Dalam arahannya Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh menyampaikan apresiasinya kepada Ketua Saberpungli Aceh Kombes Pol. Dr. Darmawan Sutarwijaya, SE, M.Hum yang telah ikut serta menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut. “Terimakasih pak Darmawan, karena anda telah hadir di daerah kami ini, dalam rangka memberikan pengarahan dan penjelasan kegiatan yang sangat penting ini,”ujar Rusli.

Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah mengatakan agar pihak Satgas Saberpungli untuk mengedepankan pembinaan terlebih dahulu ketimbang penindakan, “Sosialisasi yang sama sudah sebanyak tiga kali diselenggarakan, namun saya sudah meminta kepada Saberpungli untuk mengedepankan pembinaan terlebih dahulu, tapi kalau dibina juga tidak bisa saya rasa bapak-bapak lakukan segera tindakan tegas,”katanya.

Selain itu, Rusli M Saleh juga meminta agar Reje Kampung untuk memperbaiki seluruh laporan terkait dana desa, “Saya sudah meminta kepada Kapolres Bener Meriah untuk memberikan waktu selama satu bulan setengah, sehingga administrasi terkait dana desa dapat diselesaikan oleh reje kampung dan perangkatnya. Kalau juga masa yang diberikan itu tidak juga dimanfaatkan dengan baik, jangan salahkan Saberpungli bertindak,”demikian Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh.

Sebelumnya, Ketua Satgas Saberpungli Aceh Kombes Pol. Dr. Darmawan Sutarwijaya, SE, M.Hum dalam sambutannya meminta agar masyarakat jangan takut untuk melaporkan bila ada tindakan pungli di lingkungan anda, “Jangan takut laporkan tindakan pungli, kami akan melindungi dan merahasiakan identitas anda, laporan yang anda berikan sebaiknya didukung dengan bukti-bukti yang jelas, pakta yang jelas, sehingga tidak merugikan orang lain,”pinta Darmawan.

Katanya lagi, apabila ada masyarakat memberikan laporan dengan bukti jelas, tapi tidak ditindak lanjuti oleh satgas saberpungli, diminta untuk melaporkan hal tersebut kepada dirinya, sehingga petugas tersebut akan ditindak tegas, “Saya akan copot dan memberhentikan serta mengantikan Satgas Saberpungli itu, ini sesuai kesepakatan saya dengan Kapolda dan ini instruksi dari pak Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum). Ini semua untuk masyarakat Bener Meriah”jelasnya.

Ia menambahkan perlu untuk diketahui tugas Daberpungli adalah melaksanakan dan memberantas pungutan liar secara epektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja dan prasarana yang berada di instansi Kabupaten Bener Meriah.

“Saya minta kepada Tim Satgas Saberpungli Kabupaten Bener Meriah untuk menunjukan kinerja anda kepada masyarakat, jangan takut, tangkap ekspos, proses sesuai hukum yang berlaku,”demikian Ketua Satgas Saberpungli Aceh Kombes Pol Dr. Darmawan Sutarwijaya.(REL)

Komentar Anda
SHARE