Rusli: Larangan Smartphone di Sekolah Antisipasi Potensi Pelanggaran Asusila

0

REDELONG-Salah satu gebrakan Rusli M Saleh selama menjabat sebagai Pelaksana tugas ( Plt ) Bupati Kabupaten Bener Meriah adalah membuat peraturan pelarangan  siswa membawa ponsel atau smartphone ke sekolah di Bener Meriah, peraturan ini sedang dibahas bersama pihak DPRK Bener Meriah.

Alasan Rusli membuat peraturan ini karena melihat fenomena  terlalu bebasnya para pelajar memakai Hp, menjadi salah satu faktor yang memempengaruhi menurunnya moralitas para peserta didik. Terlebih smartphone yang memiliki fasilitas Internet ( Android ) yang dapat memicu potensi terjadinya pelanggaran asusila ( pelecehan sexsual) pada anak di bawah umur. Bahkan pada bulan terakhir ini sudah banyak kasus pelecehan sexsual yang telah terjadi di Kabupaten Bener Meriah.

Rusli menambahkan, kita telah mensosialisasilan larangan membawa Hp oleh para peserta didik terutama bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dan Sekolah Menengah Atas ( SMA ), beberapa bulan yang lalu dan kita telah membuat perbub dan Insya Allah kita akan membahas untuk membuat rancangan Qanun nya bersama pihak Legislatif., sebutnya.

Terkait dengan pendidikan dan pengawasan anak-anak itu menjadi tanggung jawab orang tua di rumah dan tanggung jawab penyelenggara sekolah di waktu jam sekolah, dan semua elemen masyarakat turut bertanggung jawab.

“Selain itu juga di Kabupaten Bener Meriah sudah memberlakukan sekolah sampai sore maksimalnya tiga sampai empat hari dalam seminggu ini tujuannya untuk mengurangi kebebasan waktu anak-anak untuk bermain-main yang dapat memberikan peluang bagi anak berbuat semaunya dengan tanpa pengawasan yang ketat “ujarnya.

Karena kalau hanya orang tua saja yang mengawasi anak nya, maka itu tidak efektif dengan kesibukan para orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Untuk itu salah satu cara yang paling efektif adalah menambah jam sekolah dan kegiatan bakda magrib guna mengurangi kesempatan anak berbuat yang tidak kita ingini, sebut Rusli (Erwin Sp/Video) (ADV)

Komentar Anda
SHARE