Ribuan Warga Bener Meriah Belum Punya E KTP

img_20161128_112700

REDELONG-Ribuan warga Bener Meriah belum melakukan perekaman E-KTP, padahal E KTP merupakan salah satu syarat untuk memberikan hak Pilih dalam Pilkada mendatang.

Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bener Meriah, Mahdi Baihaq  mengatakan sebelumnya  pihak dinas telah membuat surat edaran kepada masyarakat untuk melakukan perekaman. Senin, (28/11/2016).

“Penduduk yang telah melakukan perekaman adalah 95.355 orang. Sedangkan yang  belum merekam 7.802 orang sedangkan  wajib KTP di Bener Meriah berjumlah 103.157 orang” sebutnya seraya menambahkan jumlah penduduk Bener Meriah sendiri adalah  153.280 jiwa.

“Kewenangan mengeluarkan blangko adalah kewenangan pusat, kita hanya menerima blangko dan kemudian mencetaknya”sebut Baihaki.

Hingga saat ini pihak dinas telah mengeluarkan  surat keterangan penggantinya E KTP sementara kepada masyarakat yang telah melakukan perekaman namun E KTPnya belum dicetak sejumlah  1.702 orang. Surat keterangan ini hanya berlaku selama enam bulan.

“Upaya yang kita lakukan saat ini adalah menghimbau  warga untuk segera melakukan perekaman. Untuk warga yang telah melakukan perekaman namun belum lengkap dan belum terkirim datanya ke pusat diminta untuk bersabar dan melengkapi data yang kurang, begitu juga  untuk masyarakat yang   telah memenuhi syarat dan telah melakukan perekaman namun KTP E belum dimohon bersabar sampai blangko turun dari pusat” jelasnya.

Ia juga menyebutkan saat ini antusias warga cukup tinggi untuk mengurus pembuatan E KTP, bahkan katanya pihak dinas sampai kewalahan dalam melayani masyarakat yang melakukan perekaman dan mengurus surat keterangan penggantinya E KTP yang belum cetak. (Wien Pengembara)