Reje Kampung  dan Camat Celaka Study  Banding Pertanian ke Subang

0

SUBANG- Melakukan kunjungan ke Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat selama lima hari 10 hingga 15 Desember 2016 lalu, Camat Celala Kabupaten Aceh Tengah, Erwin Pratama SSTP melakukan peninjauan sekaligus mempelajari sistem pertanian yang selama ini dijalankan.

Disebutkan Erwin, pihaknya sengaja mengikutsertakan beberapa reje kampung (kepala desa_red) ke Kabupaten Subang untuk menambah wawasan pengetahuan menyangkut pertanian.

“Ada sebanyak 15 reje kampung yang ikut ke Kabupaten Subang, tujuannya untuk memperdalam pengetahuan sistem pertanian disana yang sudah cukup berhasil,” ujar Erwin.

Salah satu daerah yang dikunjungi adalah Desa Pengaden Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Subang. Disana rombongan didampingi Kadis Pertanian dan Penyuluhan Pangan Kabupaten Subang melihat sistem pembibitan padi, pemeliharaan, produksi hingga sistem pemasaran.

Sebelumnya dihadapan Kadis Pertanian setempat, Erwin juga menggambarkan Kecamatan Celala merupakan daerah penghasil padi terbesar di Kabupaten Aceh Tengah.

“Ada 584,28 hektar lahan sawah di Kecamatan Celala dan hampir 80 persen penduduk bermata pencaharian di sektor pertanaian,” ucap Erwin.

Dia berharap setibanya di Kabupaten Aceh Tengah, khususnya para reje kampung di Kecamatan Celala dapat menerapkan sistem pertanian seperti yang diterapkan di Kabupaten Subang.

“Kita harapkan, para reje dapat menerapkan pengetahuan yang didapat selama studi banding di Kabupaten Subang dalam membina masyarakat petani di wilayah masing-masing, sehingga kedepan pertanian di Kecamatan Celala dapat lebih maju dan meningkat,” pungkasnya.

Sebelum meninggalkan Kabupaten Subang, Erwin dan rombongan memberikan cinderamata berupa bubuk Kopi Gayo dan Kerawang untuk Pemerintah Daerah setempat. (Rel)

Komentar Anda
SHARE