Rapat Pleno, Ahmadi-Sarkawi Ditetapkan KIP Bupati Terpilih

0

REDELONG  : Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah yang digelar oleh KIP  Bener Meriah di Mess Pemda setempat menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Ahmadi-Sarkawi sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Kamis (16/3/2017).

Ketua KIP Bener Meriah Mukhtaruddin, SE yang didampingi empat Komisionernya dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah tahun 2017, alhamdulillah sudah hampir rampung. Pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi hasil perolehan suara pasangan calon telah selesai dilaksanakan, berdasarkan lampiran berita acara pleno terbuka Komisi Independen Pemilihan Umum Kabupaten Bener Meriah nomor : 86/BA/II/2017 tanggal 23 Februari 2017, tentang rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bener Meriah 2017, telah menetapkan Pasangan Calon nomor urut 3 yaitu Ahmadi, SH dan Tgk H. Sarkawi sebagai pasangan calon dengan perolehan suara terbanyak sebesar 29.767 suara dari 78.274 suara sah atau sekitar 38,03 persen dari keseluruhan suara sah. Kata Mukhtaruddin.

Untuk itu lanjut Mukhtaruddin, berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut maka KIP Bener Meriah  menetapkan Paslon terpilih, hal tersebut sebagai dasar pengajuan pengesahan dan pengangkatan sebagai bupati dan wakil bupati kepada pejabat yang berwenang untuk mengesankan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih tersebut.

Rapat pleno terbuka penetapan paslon Bupati dan wakil bupati Bener Meriah terpilih, merupakan amanah peraturan PKPU nomor 7 tahun 2016 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati sebagai mana telah dirubah beberapa kali terakhir dengan keputusan komisi independen pemilihan Bener Meriah nomor : 57/Kpts/KIP-Kab-001434506/2017 tanggal 4 maret 2017. Sebut Ketua KIP Bener Meriah itu.

Mukhtaruddin melanjutkan, dalam lampiran peraturan itu telah ditetapkan bahwa jikalau tidak ada pengajuan permohonan sengketa perselisihan hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK) maka penetapan Paslon Bupati terpilih dilaksanakan pada 14 sampai 16 maret 2017 serta pengajuan pengesahan pengangkatan calon bupati dan wakil bupati terpilih kepada DPRK Bener Meriah dalam hal ini dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai 17 Maret 2017. Ujarnya.

” Hal ini juga disertai surat panitra MK nomor : 32/PAN.MK/3/2017 tanggal 13 maret 2017 tentang permohonan perselisihan hasil suara tahun 2017 yang telah diregistrasi di MK, dimana dinyatakan bahwa perkara hasil pemilihan terdaftar dalam buku registrer perkara konstitusi sebanyak lima puluh (50) perkara di 47 daerah pemilihan “jelas  Mukhtaruddin.

Kita bersyukur kata Mukhtaruddin, dari 50  perkara tersebut  tidak tercantum Kabupaten Bener Meriah, disamping itu juga dalam surat KPU RI nomor : 225/KPU/III/2017 perihal keterangannya MK tentang permohonan perselisihan hasil pemilihan yang telah diregistrasi. Dan alhamdulillah sampai ditutup ya jadwal pengajuan permohonan sengketa perselisihan hasil pemilihan di MK tanggal 28 Februari 2017, Bener Meriah tidak ada yang mengajukan permohonan sengketa perselisihan hasil pemilihan maka untuk itu KIP Bener Meriah Laksanakan acara rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah yang terpilih tahun 2017.

Rapat pleno penetapan ujarnya,  saat ini telah berada dipenghujung tahapan penyelenggaraan Pilkada dengan menetapkan paslon terpilih. Kami berharap kepada pihak yang menang agar jangan bereforia secara berlebihan, dan kepada pihak yang belum dikehendaki Allah untuk menang kiranya dapat bersabar, karena ada hikmah besar dibalik segala ketentuan Allah Swt.

Dalam kesempatan tersebut Mukhtaruddin meminta kepada unsur Forkopimda dan Pimpinan partai Politik, sekarang ini saatnya untuk melakukan konsolidasi demokrasi, jikalau selama ini penyelenggaraan Pilkada ini, masyarakat seolah-olah terkotak-kotak kedalam beberapa kelompok, maka kini semuanya harus kita lebur kembali. Untuk sekarang ini Pilkada telah selesai tidak ada lagi kelompok Paslon-paslon atau tim pemenangan. Semua harus melebur dan bersatu padu kembali merapatkan barisan menuju cita-cita pembangunan Kabupaten Bener Meriah.

” Konsolidasi demokrasi ini penting untuk kita lakukan guna menggabubgkan kembali elemen-elemen demokrasi untuk bersama-sama secara padu membangun, memfasilitasi dan merawat demokrasi politik ” papar Mukhtaruddin.

Rapat pleno penetapan paslon Bupati Kabupaten Bener Meriah terpilih Selain dihadiri Paslon Bupati terpilih nomor urut 3 Ahmadi-Sarkawi juga turut dihadiri, Drs T. Islah Wakil paslon nomor urut 5, Kapolres Bener Meriah AKBP Deden Soemantri, S. I. K, Ketua Kejari Bener Meriah Bambang Panca, SH, Wakil Ketua DPRK Bener Meriah Darwinsyah, SE. Anggota DPRK Bener Meriah Tgk Usman Yacub, Anwar, Ketua Panwaslih Bener Meriah Khairul Akhyar, SE dan Empat Komisioner Panwaslih lainnya. ( Gona)

Komentar Anda
SHARE