PWI Aceh Tengah Rintis Koperasi Wartawan

0

TAKENGON-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Tengah mulai melirik pembentukkan koperasi yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan wartawan.

Ketua PWI Aceh Tengah, Jurnalisa, mengatakan pihaknya akan mulai merintis pembentukkan koperasi wartawan pada program kerja tahun 2017.

“Kita berencana akan mendirikan unit usaha kedai kopi yang rencananya kita beri nama Press Coffee. Itu untuk tahap awal. Dan kedepannya, kita harapkan koperasi PWI Aceh Tengah ini bisa terus berkembang,” kata Jurnalisa di Kantor PWI Aceh Tengah, Senin 19 Desember 2016.

Dia menjelaskan bahwa rencana pembentukan koperasi tersebut juga telah mendapat dukungan dari Plt Bupati Aceh Tengah Al Hudri dan Kepala Dinas ESDM Perindagkop Aceh Tengah Munzir yang akan memfasilitasi gedung pinjam pakai (Sewa) kepada PWI Aceh Tengah di kawasan Paya Ilang, Takengon.

“Kita sudah berbicara dengan Plt Bupati yang kemudian langsung menelpon Kepala Dinas Perindagkop Aceh Tengah yaitu Pak Munzir untuk mendukung program ini dengan mambantu fasilitas gedung milik Pemda yang statusnya adalah pinjam pakai atau kita sewa,” tutur Jurnalisa.

“Nah, nantinya gedung ini juga sekaligus akan kita manfaatkan sebagai Kantor PWI Aceh Tengah, karena sehubungan dengan kondisi kami saat ini belum memiliki kantor yang tetap. Jadi untuk lantai bawah kita fungsikan sebagai kedai kopi (Press Coffee) yang akan dikelola oleh koperasi PWI dan lantai dua-nya kita fungsikan sebagai Kantor PWI,” ujarnya.

Jurnalisa menambahkan bahwa pembentukan koperasi wartawan merupakan salah satu program kerja PWI Pusat yang salah satu tujuannya adalah untuk membantu mensejahterakan anggotanya dan masyarakat.

“PWI Pusat selama ini terus mendorong agar pengurus PWI provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia mengaktifkan kegiatan koperasi. Usahanya bisa apa saja. Dan kita memilih mendirikan unit usaha kedai kopi untuk ikut menjadikan Aceh Tengah sebagai surganya kopi dunia,” tutur Jurnalisa.

Dia berharap janji Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memberikan fasilitas sewa gedung di kawasan Paya Ilang, Takengon, dapat terealisasi di awal tahun 2017, sehingga program koperasi tersebut dapat segera terlaksana.

“Itu harapan kita. Plt Bupati Pak Al Hudri sudah katakan akan membantu fasilitas gedung milik Pemda untuk kita sewa dan Pak Munzir (Kadis Perindagkop) juga memberikan gambaran bahwa di awal tahun 2017 nanti gedung di kawasan Paya Ilang tersebut sudah mulai bisa digunakan,” kata Jurnalisa.(Erwin Sp)

Komentar Anda
SHARE