Puskesmas Bebesen dan Kebayakan Dievaluasi untuk Akreditasi

TAKENGON: Layanan kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah terus berbenah, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit.

Khusus Puskesmas, dari 17 yang tersebar di 14 kecamatan, sebanyak 6 unit yang sudah terakreditasi Nasional. Keenam Puskesmas tersebut diantaranya Lut Tawar, Bies, Celala, Pegasing, Atu Lintang dan Ketol

“Mulai tanggal 1-3 Agustus ini, Tim Surveior Akreditasi melakukan evaluasi di Puskesmas Bebesen dan Puskesmas Kebayakan,” ungkap Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah, Sukrimaha, Rabu (01/08) disela survey Akreditasi di Puskesmas Bebesen.

Shabela menambahkan pada bulan Oktober mendatang akan dilakukan Survey kembali untuk Puskesmas Kute Panang, Silihnara dan Bintang. Sisanya nanti akan dilakukan Survey Akreditasi tahun 2019.

“Masyarakat perlu mendapat pelayanan yang standar, tidak ada perbedaan antar Puskesmas baik di kota maupun di wilayah kecamatan yang jauh,” ujar Shabela.

Ditegaskannya Pemerintah Daerah setempat memberi dukungan penuh terhadap proses Akreditasi Puskesmas, bukan hanya yang belum diakreditasi tapi juga yang sudah terakreditas agar pelayanannya bisa lebih meningkat, bukan sebaliknya semakin menurun.

Menyahuti respon Bupati, Ketua Tim Surveior, dr. Wildan Asfan Hasibuan membenarkan upaya pemerintah daerah tersebut.

Menurutnya setiap 3 tahun akan kembali diadakan evaluasi Akreditasi Puskesmas, sehingga perlu pembinaan terus menerus agar pelayanan tetap terjaga, bahkan bisa semakin meningkat.

Wildan turut mengapresiasi keterlibatan langsung Bupati Aceh Tengah dan jajaran terkait dalam mendampingi proses Akreditasi Puskesmas.

“Biasanya, bupati itu ikut untuk Puskesmas yang pertama saja dan berikutnya nggak lagi, tapi ini walapun sudah ada beberapa Puskesmas di Aceh Tengah yang diakreditasi pak bupati juga masih aktif mendampingi, semoga menjadi pertanda yang baik dan semakin meningkatnya pelayanan kesehatan di daerah ini,” ungkap Wildan mewakili 5 orang Tim Surveior yang hadir.(REL)

SHARE