Prihatin Gempa Pidie Jaya, Nasaruddin Berbagi Pengalaman

0

MEREUDU- Bupati Aceh Tengah non aktif, Nasaruddin turut merasa prihatin terhadap musibah Gempa Bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya.

Ketika meninjau beberapa titik lokasi pengungsian masyarakat pada Kamis 8 Desember 2016 lalu Nasaruddin mengungkapkan pengalamannya sebagai Kepala Daerah dalam menangani Gempa Bumi yang melanda Kabupaten Aceh Tengah dan sekitarnya (Gempa Gayo) pada 2 Juli 2013 lalu.

“Pengalaman kami selaku kepala daerah, yang diperlukan segera adalah penanganan masa tanggap darurat berupa penyiapan lokasi pengungsian yg baik, bantuan sandang pangan termasuk air bersih yang cukup dan pelayanan kesehatan untuk keperluan pengungsi,” ungkap Nasaruddin ketika berada di salah satu posko Gampong Musa Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, kamis (8/12).

Selain itu, selama masa tanggap darurat kordinasi yang baik dari semua pihak sangat diperlukan. Berbarengan dengan berakhirnya masa tanggap darurat maka kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) sebaiknya segera dimulai. 

“Jangan terlalu lama selang waktu antara tanggap darurat dengan rehab rekon. Untuk penanganan tanggap darurat dan rehab rekon dukungan pemerintah Aceh dan Pusat adalah sangat dominan terutama dalam melakukan pembangunan atau rehabilitasi rumah warga yang tertimpa musibah,” ujar Nasaruddin.

Selain itu, menurutnya rehabilitasi juga diperlukan segera untuk fasilitas publik seperti rumah ibadah, sarana pendidikan dan fasilitas kesehatan.

“Warga saat ini trauma dan takut tinggal dirumah, karena rumahnya rusak, sehingga peran cepat dari pihak terkait untuk mendata dan merencanakan bantuan rehabilitasi rumah sangat diperlukan,” kata Nasaruddin.

Ditambahkannya, pemerintah kabupaten lokasi bencana tentu memiliki keterbatasan pendanaan untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, untuk ini pemerintah Aceh dan Pusat pusat melalui BNPB diharapkan dapat bergerak cepat seperti yang dilakukan saat menangani Gempa Gayo.

Terkait kordinasi dalam masa tanggap darurat diawal pasca kejadian Nasaruddin mengatakan  wajar masih ada kekurangan dalam penanganan, namun menurutnya masyarakat harus bersabar karena koordinasi pihak terkait pasti sedang dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada warga yang mengungsi.(REL

Komentar Anda
SHARE