Prajurit Kodim 0106/ATENG-BM  Tes Urine

 TAKENGON- Kodim 0106/Ateng laksanakan kegiatan penyuluhan dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada anggota Kodim dan Koramil yang bekerjasama dengan Badan Narkoba (BNK) Kabupaten, Aceh Tengah bertempat di aula Makodim setempat. Kamis (23/03/2017). 

Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P mengatakan dalam sambutannya bahwa P4GN ini merupakan suatu kegiatan yang terprogram dalam rangka untuk mengecek kondisi dari anggota Kodim 0106/Ateng. 

Selain itu kegiatan adalah upaya untuk ini memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba, “Sebagai aparat teritorial melalui kegiatan ini dapat memberikan penyululuhan tentang bahaya narkoba di desa binaannya masing-masing, sudah banyak contoh negara yang hancur disebabkan oleh narkoba, untuk mencegah hal tersebut sebagai aparat teritorial wajib untuk mencegah hal tersebut berkembang di negara kita khususnya di wilayah Kodim 0106/Ateng”jelas Dandim.
Sementara itu, Kepala BNK Aceh Tengah, Dr. Jefriston menyampaikan, Narkotika terbagi menjadi 3 golongan yaitu Narkotika Golongan I berpotensi sangat tinggi menyebabkan ketergantungan, tidak digunakan untuk terapi  atau heroin , kokain , ganja, Narkotika Golongan I berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan, digunakan pada terapi sebagai pilihan terakhir atau morfin dan pertidin. Narkotika golongan III berpotensi ringan menyebabkan ketergantungan dan banyak digunakan dalam terapi atau Codein.

“Pengaruh dari Narkoba antara lain Depresant yaitu mengendurkan atau mengurangi aktivitas atau kegiatan susunan syaraf pusat, sehingga dipergunakan untuk menenangkan syaraf seseorang untuk dapat tidur atau istirahat. Stimulant yaitu meningkatkan keaktifan susunan syaraf pusat sehingga merangsang dan meningkatkan kemampuan fisik seseorang. Halusinogen yaitu menimbulkan perasaan-perasaan yang tidak riel atau khayalan-khayalan yang menyenangkan”ujarnya.

 Dr. Jefriston juga menambahkan sifat utama yang ditimbulkan dari Narkoba adalah menimbulkan keinginan yang tak tertahan kepada zat yg dimaksud atau sugesti, kecenderungan untuk menambah dosis (toleransi), ketergantungan secara psikis, dan gejala putus zat/sakau derita badan yang sangat hebat sehingga mendorong si pengguna untuk memakai zat itu lagi. “Cara kerja narkoba di dalam tubuh kita adalah merancuni sistem syaraf pusat, penurunan kualitas berfikir dan daya ingat, merusak pola fikir dan emosional”jelasnya.

Dansub Denpom IM/1-5 Kapten Cpm Aminoto yang juga hadir dalam kesempatan  itu menyampaikan, menjauhi narkoba karena memberikan banyak dampak negatif untuk kita, dan bagi prajurit TNI apabila terbukti menggunakan narkoba sanksinya/hukuman adalah di berhentikan dengan tidak hormat atau pecat. “Untuk bisa menghindari narkoba ini kita harus selalu bersabar dan bersyukur kepada Tuhan YME, sebab dengan begitu kita pasti dapat menjauhi narkoba”ujarnya.

Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan test urine kepada anggota Kodim 0106/Ateng dan Koramil dengan hasil akhir negatif semua, kegiatan penyuluhan P4GN dan test urine selesai berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P, Kepala Badan Narkoba Kab. Aceh Tengah Dr. Jefriston, Kasdim 0106/Ateng Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem, Para Pasi dan Danramil Kodim 0106/Ateng, Dansub Denpom IM/1-5 Kapten Cpm Aminoto dan perwakilan dari Polres Kab. Ateng Aipda Johariyadi serta Anggota Kodim 0106/Ateng dan Koramil.(REL)

Komentar Anda
SHARE