Posting M Haikal Menghina Suku Gayo, Bentuk Diskriminasi Ras dan Etnis

0
Status M Haikal yang memicu protes karena dinilai menghina Suku Gayo

Saat ini masyarakat Gayo sangat digegerkan oleh tulisan M Haikal di dalam sebuah akun facebook yang menghina suku Gayo ini kan merupakan salah satu bentuk deskriminasi Ras dan Etnis, maka saya berharap kepada pihak kepolisian agar segera melacak pemilik akun facebook tersebut dan memberikan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku.

Nah, dalam tulisannya tersebut bukan hanya suku Gayo saja yang dihina tidak lain saudara M Haikal juga telah melakukan penghinaan terhadap suku Nias.

Berdasarkan isi Undang-Undang dibawah:
1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis

Pasal 4
Tindakan diskriminatif ras dan etnis berupa:
a. Memperlakukan pembedaan, pengecualian, pembatasan, atau pemilihan berdasarkan pada ras dan etnis, yang mengakibatkan pencabutan atau pengurangan pengakuan, perolehan, atau pelaksanaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam suatu kesetaraan di bidang sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya; atau
b. Menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang karena perbedaan ras dan etnis yang berupa perbuatan:
1. Membuat tulisan atau gambar untuk ditempatkan, ditempelkan, atau disebarluaskan di tempat umum atau tempat lainnya yang dapat dilihat atau dibaca oleh orang lain;
2. Berpidato, mengungkapkan, atau melontarkan kata-kata tertentu di tempat umum atau tempat lainnya yang dapat didengar orang lain;
3. Mengenakan sesuatu pada dirinya berupa benda, kata-kata, atau gambar di tempat umum atau tempat lainnya yang dapat dibaca oleh orang lain; atau
4. Melakukan perampasan nyawa orang, penganiayaan, pemerkosaan, perbuatan cabul, pencurian dengan kekerasan, atau perampasan kemerdekaan berdasarkan diskriminasi ras dan etnis.

Pasal 16
Setiap orang yang dengan sengaja menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang lain berdasarkan diskriminasi ras dan etnis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b angka 1, angka 2, atau angka 3, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Pasal 28
(2)
Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Pasal 45
(2)
Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah).

Untuk itu orang yang melakukan penghinaan terhadap suatu Ras dan etnis harus benar-benar diproses secara hukum dan undang-undang yang berlaku, jika tidak maka hal ini akan menjadikan sebuah genderang perang antar suku.

Selaku keturunan suku gayo jelas saya tidak terima apabila Ras dan Etnis suku Gayo itu dihina, secara tidak langsung lagi M Haikal mengatakan seolah suku Gayo itu hanya menumpang di provinsi Aceh, maka mulai sekarang sejarah Gayo harus benar-benar kita angkat kembali agar mereka tidak seenaknya berbicara.

Suhardiman Asarga Linge
(Mahasiswa Teknik Informatika Sumut)

Komentar Anda
SHARE