POPDA ke-XV di Aceh Tengah Dibuka Staf Ahli Gubernur

TAKENGON:Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Aceh ke-XV yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tengah dibuka oleh Gubernur Aceh yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan, Syakur, Rabu (2/5/2018). Pembukaan ini digelar di Gelanggang Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah dan diawali dengan defile kontingen dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

Meski diguyur hujan, siremoni pembukaan perhelatan olah raga yang diadakan setiap 2 tahun ini berlangsung dengan semangat dari para atlit yang bakal bertanding untuk menjadi yang terbaik. Tarian massal ikut memeriahkan prosesi pembukaan POPDA di kabupaten penghasil kopi terbaik di dunia ini.

Sekda Aceh Tengah, Karimansyah, dalam laporan ketua Panitia mengatakan, POPDA ke-XV ini diikuti oleh 23 kabupaten yang ada di Aceh dengan 11 Cabang Olah Raga (Cabor) yang dipertandingkan, sedangkan sumber dana dari kegiatan ini adalah APBA Tahun 2018 dan APBK Aceh Tengah 2018 melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Aceh Tengah.

Sementara Kadispora Aceh Musri Idris mengatakan salah satu tujuan digelarnya POPDA adalah sebagai salah satu implementasi menerapan “Aceh Tuega” sebagai wadah bagi para pelajar untuk mencapai prestasi dibidang olah raga”Mari kita junjung sportifitas dalam berolah-raga dan mengejar prestasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini”ujarnya.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam sambutannya mengatakan digelarnya POPDA ini diharapkan menjadi salah satu momentum kebangkitan Olah Raga di Aceh yang nantinya diharapkan mencetak atlit-atlit dengan prestasi gemilang.

Sementara sambutan Gubernur Aceh yang dibacakan, Syakur, menjelaskan pelaksanaan POPDA merupakan sebuah upaya menciptakan atlit tangguh dan berpestasi di Aceh, yang nantinya akan mewakili Aceh di Pekan Olah Raga Wilayah (PORWIL) dan nantinya hasil dari seleksi tersebut nantinya akan berlaga di Pekan Olah Raga Nasional. “Aceh Tuega” yang dicanangkan oleh Pemerintah Aceh fokus kepada menciptakan atlit-atlit berprestasi apalagi pada pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) mendatang, Aceh bersama SUMUT menjadi tuan rumah.(Wein Pengembara)

SHARE