Polres Bener Meriah Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

sis

REDELONG – Polres Bener Meriah  menggelar simulasi konflik dan pengamanan Pilkada Tahun 2017 kamis (1/12) di halaman Polres Pante Raya Bener Meriah. Simulasi ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi konflik maupun ancaman kerusuhan yang di akibatkan dalam pelaksanaan pilkada.

Dalam pelaksanaannya, situasi mulai mencekam ketika salah seorang Paslon Bupati dari Partai Apel melakukan kampanye dilapangan terbuka, masa marah menilai program yang disebutkan paslon itu tidak benar dan melakukan pelemparan terhadap paslon.

Dalam simulasi selanjutnya, masyarakat yang tidak terdaftar di TPS melakukan protes akibat tidak bisa memilih, masa marah dan bertindak anarkis sehingga mencegat personil kepolisian dan PPS yang akan mengatarkan tong suara ke KPU, hingga akhrinya masa mendatangi kaantor KIP dan melakukan pelemparan terhadap petugas polisi yang mengamankan Kantor KIP.

demoSelanjutnya, tim jibom juga memperagakan, pengamanan bom, yang di tinggalkan oleh masa dakantur KIP, dan meledakan bom tersebut di halaman Polres Bener Meriah.  Penangan yang dilakukan oleh personil polisi dengan aturan dan standar pengaman, pihak kepolosian di bantu oleh TNI dan Brimob setempat.

Acara simulasi ini di pimpin oleh Kapolres Bener Meriah AKBP Deden Somatri S.I.K, M.Si dan di hadiri oleh Asisten III Khairun Aksa, Kajari Bener Meriah, Bambang Panca, SH, Ketua Pengadilan Negeri Redelong Azhari, SH.MH,  Ketua KIP Bener Meriah Mukhtarudin, Ketua Panwaslih Bener Meriah Khairul Akhyar,  Para Pasangan Calon Bupati, serta melibatkan personil TNI/Polri Dan Brimob dan Tim Jibom dari Lokhseumawe.

Kapolres Bener Meriah   Deden Somatri S.I.K, M.Si kepada Wartawan mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu, supaya anggota dapat antisifasi dan siap bila terjadi kekisruhan pada saat pelaksanaan  pilkada.

“ Bagi anggota yang baru tentu belum pernah memiliki pengalaman  dan ketika melihat simulasi ini mereka akan mengerti standar pengamanan dan tindakan apa yang akan dilakukan serta bagi anggota yang sudah senior hal ini dapan mengingat kembali sehingga tidak terjadi kesalahan dalam setiap tindakan” ujarnya.

Kepada masyarakat, Ia juga menghimbau, agar tetap tenang, dan tidak melakukan hal-hal yang bersipat anrkis,  supaya pilkada di Bener Meriah berjalan lancar aman dan damai seperti yang diharapkan. (Uri)

 

Komentar Anda
SHARE