Plt Bupati Bener Meriah Buka Pameran Kerajinan Dan Makanan Unggulan 

0

REDELONG : Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh membuka acara Pameran Kerajinan/ Makanan Unggulan Dekranasda Se-Aceh Tahun 2016 di Gedung Olahraga dan Seni Redelong, Senin (17/10)
Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut para anggota Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten Bener Meriah, para pejabat perangkat daerah Kabupaten Bener Meriah, para ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh beserta anggota, para ketua organisasi wanita dalam Kabupaten Bener Meriah.

Plt Bupati Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh dalam sambutannya menyampaikan, selamat dating kepada para peserta pameran Dekranasda Se-Aceh, “sebagai tuan rumah kami sangat bangga menerima para peserta yang berasal dari Kabupaten/Kota di Bener Meriah ini. Dengan digelarnya pameran ini para pembeli bisa melihat dan membeli langsung hasil produk asli daerah dari berbagai kabupaten/kota yang ada di bumi Aceh ini,mulai dari kerajianan tas, sepatu, kain tenun serta makanan unggulan,”terang Drs. H. Rusli M Saleh.

Dikatakannya lagi, sebagai daerah yang memiliki berbagai etnis dan budaya, Provinsi Aceh memiliki aneka ragam potensi kerajinan yang bisa menjadi keunggulan, dan tentunya tidak kalah dengan daerah lain di nusantara ini. Khasanah dan kekayaan sektor kerajianan rakyat, harus mampu mengangkat dan memperkenalkan daerah Aceh, sehingga setiap produk kerajianan yang dihasilkan dari tangan-tangan para pengrajin, dapat menharumkan nama daerah dan menjadi ikon kebanggan Aceh.

“Pada era pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sector kerajianan kita harus bangkit, tidak boleh tertinggal dengan produk-produk daerah lain, kalau bias produk kita bisa menembus level Nasional, Regional dan Internasional,”demikina Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh.

Sebelumnya Ketua Dekranas Kabupaten Bener Meriah Ny. Rakhminar Rusli M Saleh dalam sambutannya kegiatan pameran kerajinan/makanan unggulan yang berlangsung pada tanggal 17 Oktober 2016 tersebut merupakan kesempatan berharga bagi para pengrajin yang ada di Kabupaten/kota se-Provinsi Aceh untuk mengembangkan produk-produk usaha kerajinan dan makanan serta bermanfaat untuk meningkatkan usaha serta kehidupan para pengrajin. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan usaha kerajinan, tidak hanya di Kabupaten Bener Meriah saja, akan tetapi juga di daerah lain,”ujar Ny. Rakhminar Rusli M Saleh.

Katanya, tujuan dari kegiatan pameran kerajinan/makanan unggulan ini untuk melakukan pembinaan industi kerajinan dalam rangka meningkatkan kualitas produk, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. “Suatu kebahagian bagi kami, manakala melihat para pengrajin sudah dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan industry kerajinan dan kesejahteraan keluarga pengrajin, serta masyarakat pada umumnya, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Aceh khususnya dan umumnya di Indonesia,”terang Ny. Rakhminar.

Ketua Dekranas Kabupaten Bener Meriah itu mengingatkan, tantangan pengrajin dimasa yang akan datang akan semakin komplek, kemajuan tehnologi begitu cepat sehingga memaksa kita terus memacu diri untuk meningkatkan sumberdaya manusia guna dapat bertahan dalam persaingan global,”oleh karena itu Dekranasda Aceh telah menetapakan tema Rakerda pada tahun ini Pengrajin Dekranas Kreatif di Dunia Digital,”paparnya.

Dia menambahkan, selaku ketua panitia pameran kerajinan/makanan unggulan yakin dan percaya disana-sini masih banyak kekurangan, baik disegi kegiatan dan tempat, “namun kami berharap semoga kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat bermanfaat dan dirasakan hasilnya. Kami juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah banyak membantu selama ini, sehingga seluruh kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,”kata Ketua Dekranas Kabupaten Bener Meriah Ny. Rakhminar Rusli M Saleh.

Pantauan dilapangan acara pameran tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh ditandai dengan penekanan bel serta pemotongan pita, selanjutnya Plt Bupati Bener Meriah beserta para undangan mengunjungi satu persatu stand pameran yang berada di jalur dua depan Gedung Olahraga dan Seni Redelong.(rel)

Komentar Anda
SHARE