Peringati Hardikda ke-60, Dikjar Bener Meriah gelar Pameran Kreativitas Siswa se-Kabupaten Bener Meriah

REDELONG “Menciptakan Generasi Kreatif dan Berpotensi Melalui Penddidikan Berkualitas dan Berdaya Saing Menuju Bener Meriah Hebat”, itulah tema yang diusung oleh Dinas Pendidikan kabupaten Bener Meriah dalam Pameran Kreativitas Siswa Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bener Meriah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-60 Tahun 2019, di GORS Bener Meriah.

Pameran Kreativitas tersebut dibuka oleh Bupati yang diwakili oleh Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM yang didampingi oleh Kadis Dikjar Drs. Rayendra, Asisten II Abdul Muis, SE. MT, Ketua TP-PKK Ny. Nikmah Sarkawi (Bunda Paud), Ketua Darma Wanita Persatuan, Ny. Hasminarti Khairun Aksa, Kepala Dinas Prov. Aceh Cab. Bener Meriah, Ketua MPD, di Gors Bener Meriah, Senin, 16/9/2019.

Bupati Bener Meriah dalam pidato yang dibacakan oleh Plt. Sekda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah merasa bangga dengan kegiatan seperti ini, melihat semangat ana-anak usia dini yang begitu antusias dalam mengikuti berbagai pameran yang begitu unik dan kreatif, kata Plt. Sekda.

“Kita mungkin tertagum-kagum tingkat siswa sudah bisa berbuat seperti ini, dan kami berharap kegiatan pameran ini mampu memberikan semangat serta dorongan motivasi kepada kepada anak-anak yang penuh dengan kreativitas”, jelas Khairun Aksa.

Dilanjutkannya, pentingnya kreativitas yang dimulai pada anak-anak yang merupakan dasar dan pondasi dalam melangkah keusia selaanjutnya, seperti yang disampaikan oleh Kadis Dikjar tentang tiga domain tadi, ini adalah tiga domain yang penting sekali, tutur Khairun Aksa.

“Dengan digelarnya pemaran ini juga dapat mendukung bakat seni dan kreativitas anak-anak dan kepada orang tua kami juga berpesan, agar dapat mendidik anak dengan sebaik-baiknya, karena anak adalah amanah dari Allah,Swt”, ujarnya.
“Kami ingin menitipkan pesan, yang kami pikir penting, ada 7 hal yang ingin kami sampaikan, Karakter yang baik, jangan terlalu memperdulikan orang lain secara berlebihan, hidup cuek akan mudah merasa bahagia, menjadi orang yang berpengaruh, Tentang Nasehat Hidup, sabar dan tekun dan teraakhir kekasih adalah jalan dan teman adalah pohon, kata Plt. Sekda sedikit puitis.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Drs. Rayendra selaku Penyelenggara Kegiatan melaporkan, Kegiatan Pameran Kreativitas Siswa Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bener Meriah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-60 Tahun 2019, dan ini dilandasi oleh kesadaran bahwa pendidikan itu adalah proses dalam memperiapkan genarasi atau pelaku pembangunan masa depan, kata Rayendra.

“Dalam proses pendidikan ini tentu kita tidak terlepas dari teori-teori pendidikan salah satunya yang kita kenal dengna Taksonomi Plum, untuk mempersiapkan genarasi masa depan tersebut tidak terlepas tiga domain yang harus kita berikan kepada mereka, pertama Domain Kognitif (Pengetahuan), kedua Domain Psikomotor (keterampilan hidup), dan Domain Afektif (sikap)”, ungkap Rayendra.

Tambah Rayendra, kegiatan tersebut direncanakan selama tiga hari (16 s/d 18 September 2019) yang diikuti oleh 12 sekolah merupakan 3 Rayon Pendidikan yang ada di Kabupaten Bener Meriah, (Bandar, Bukit dan Timang Gajah), dengan penekanan kepada anak-anak untuk diajarkan keterampailan, pelajaran keterampilan itulah yang ditampilkan pada pemaran ini, pungkas Rayendra.

Pada Pameran tersebut juga tampak, Para Pengawas, kepala Sekolah, para guru dan ratusan pelajar SD, SLTP se-Kabupaten Bener Meriah serta pengunjung lainnya. (Rel).

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!
Sponsored content