Peringatan HARDIKNAS Tahun 2017 di Aceh Tengah Ditunda

0
Uswatuddin,  Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah

TAKENGON-   Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) diperingati setiap tanggal 2 Mei, dalam setiap Tahun diseluruh Nusantara. Demikian juga pada tanggal 2 Mei 2017 Tahun ini, peringatan HARDIKNAS Tahun ini dengan Tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”, tertuang dalam pidato MENDIKBUD RI, pada edaran surat keputusan Mendikbud RI tentang “Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2/5/2017. 
Kabupaten Aceh Tengah, menunda pelaksanaan upacara peringatan HARDIKNAS Tahun 2017, penundaan tersebut terjadi karena dilatar belakangi faktor pelaksanaan UAS untuk tingkat SMP. Penyelenggaraan UAS tingkat SMP dimulai serentak diseluruh Nusantara pada hari Selasa 2/5/2017.

Berdasarkan informasi dari Mustafa Kamal selaku Kabag Humas Aceh Tengah, Menimbang hal tersebut jajaran Forkopimda Aceh Tengah, sepakat untuk menunda kegiatan Perayaan Hardiknas, penyelenggaraan peringatan Hardiknas 2017 akan diperingati antara tanggal 15 s/d 18, atau digabungkan saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yang akan diperingati pada tanggal 20/5/2017.

Pernyataan tersebut juga telah disesuaikan berdasarkan keterangan Uswatuddin selaku Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, dirinya mengatakan bahwa “Sesuai dengan intruksi pimpinan kita, pertama alasanya karena Ujian Nasional SMP, kmudian dibulan yang sama juga ada Harkitnas, jadi digabung”, demikian ungkap Uswatuddin menjelaskan mewakili Kadisdik Aceh Tengah. 

Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan hari Pendidikan Nasional dilatar belakangi oleh sosok yang memilik jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Pada Surat Edaran dari Kemendikbud dengan nomor 21046/MPK/TU/2017 juga disampaikan bahwa Pemerintah menetapkan bulan Mei Tahun 2017 sebagai Bulan Pendidikan dan kebudayaan, yang diperingati dengan kegiatan-kegiatan bernuansa pendidikan dan kebudayaan sejak bulan April 2017, dengan konsep melibatkan semua unsur masyarakat serta memasang spanduk atau publikasi berisi tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017. Serta melaksanakan upacara bendera secara serentak pada hari Selasa, 2 Mei 2017 pukul 08.00 waktu setempat, yang akan diatur lebih lanjut dalam pedoman pelaksanaan upacara bendera.(ErwinSp)

Komentar Anda
SHARE