Perekrutan  Panwascam Terbuka Untuk Umum

0

image

REDELONG- Ketua Panwaslih Kabupaten Bener Meriah mengajak seluruh masyarakat yang berada di kabupaten penghasil kopi ini, untuk sama-sama menyukseskan perekrutan Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) yang saat ini sedang dalam proses pendaftaran di Kantor Panwaslih Kabupaten.

“Kami mengajak masyarakat yang berminat dan ingin memiliki pengalaman menjadi Panwascam dan tertarik mengikuti proses Pilkada, silakan mendaftar. Dan proses perekrutan, semua kalangan diberikan kesempatan (untuk umum-Red),” sebut Ketua Panwaslih Bener Meriah ini di kantornya, Selasa (12/7/2016).

Dia juga menambahkan, tentunya dalam proses untuk menjadi anggota pengawas kecamatan nantinya harus melalui beberapa mekanisme.

“Yang paling utama harus sudah berusia 25 tahun ke atas, dan berdomisili di kecamatan setempat serta, memiliki pengetahuan dan komitmen tentang pengawasan Pilkada/pilih, serta tidak terlibat dalam sebuah partai politik,” ujar Khairul.

Kemudian sebutnya, proses perekrutan juga melalui beberapa tahap tes, mulai dari tes tulis dan wawancara.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Perbawaslu RI), Nomor 2 Tahun 2015, tentang pengawasan pemilihan umum.

Dia juga merincikan, di kabupaten tersebut memiliki sepuluh (10) kecamatan, dan setiap kecamatan akan diisi oleh tiga (3) anggota Panwascam.

“Artinya sebanyak 30 anggota Panwascam akan menyebar di 10. Kecamatan, untuk melalukan pengawasan proses tahapan Pilkada di Bener Meriah,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, setelah proses perekrutan Panwascam, akan direkrut Pengawas Lapangan yang bertugas disetiap kampung, dengan jumlah anggota PPL sekitar  233 orang, atau sebanyak jumlah desa di sana. 

“Untuk tahap terakhir, Panwaslih juga akan merekrut pengawas TPS yang bertugas memantau pemilihan di setiap TPS yang ada,” pungkas Khairul Akhyar.(Gona)


Komentar Anda
SHARE