Penyusunan LAKIP di Gelar Pemkab Bener Meriah

REDELONG : Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengelar kegiatan penyusunan dan koordinasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP), Senin (19-2-2018) yang berlangsung di Aula Setdakab setempat.

Acara yang dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bener Meriah Drs. Mukhlis itu di ikuti seluruh Kepala Satuan Perangkat Kerja (SKPK) dalam lingkungan pemkab setempat.

Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setdakab Bener Meriah Rida Ma’ruf, S.KM selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegitan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman mengenai proses dan tata cara penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah kepada pegawai yang ditugaskan menangani laporan. “selain itu, agar terwujudnya Lakip yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga tergambar kualitas dan kuantitas kinerja organisasi.”ujar Rida.

Dia juga menerangkan, bahwa kegiatan pelatihan dan koordinasi penyusunan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah itu diikuti oleh pimpinan SKPK yang membidangi dalam penyusunan lakip dan perjanjian kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah. “

Harapan kami melalui pelatihan ini semoga seluruh peserta dapat memahami pentingnya penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah pada tahun yang telah berjalan untuk dijadikan review dalam penyelenggaraan pelayanan di unit kerja masing-masing pada tahun yang akan datang.”demikian yang disampaikan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setdakab Bener Meriah Rida Ma’ruf, S.KM

Sementara itu Bupati Ahmadi, SE dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bener Meriah Drs. Mukhlis menyampaikan, untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang berdayaguna, bersih dan dapat dipertanggungjawabakan, maka diperlukan kemampuan dan penguasaan terhadap aturan pelaksanaan dari kegiatan kepada masing-masing unit organisasi, semua itu ditujukan hanya untuk meningkatkan tanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan dengan tetap berada pada koridor yang telah ditetapkan.

“Sebagai bupati, kami hanya kembali mengingatkan kaitannya dengan upaya peningkatan hasil kerja dan kinerja sebagai Aparatur Sipil Negara yang tertuang dalam Lakip merupakan komitmen kita bersama sehingga semua unit harus bahu membahu untuk dapat menunjukkan hasil yang maksimal. Bila mana perlu dan memang dibutuhkan kepada pimpinan unti dan pegawai yang membidangi Lakip diberikan pembelajaran secara khusus, sehingga autputnya bisa lebih membanggakan lagi.”harap Bupati Ahmadi dalam sambutannya yang disampaikan Drs. Mukhlis.

Selain itu, bupati Bener Meriah dalam sambutanya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengatakan, laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban secara periodic atas kerja pencapaian visi dan misi pemerintah daerah, yang secara eksternal merupakan alat kendali dan penilai pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah dalam rangka menuju terwujudnya good governance dan clean governance. Secara internal Lakip merupakan salah satu instrument bagi kepala daerah untuk memantau dan memacu peningkatan kinerja SKPK dan unit kerja yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

“Hal ini agar menjadi perhatian serius bagi semua unsur dan pimpinan unit di masing-masing SKPK, karena, dengan peningkatan hasil penilaian Lakip merupakan sebuah tolak ukur kinerja instasni secara baik dan benar yang sekaligus member fighting spirit untuk terus meningkatkan kualitas sebagai ASN yang berpengaruh pada penilaian akhir Lakip berada pada kategori paling tidak B.(REL)