Penutupan Festival Danau Lut Tawar, Bupati Shabela: Promosi Harus Terus Dilakukan

TAKENGON: Promosi wisata Dataran Tinggi Gayo diharapkan terus dilakukan terutama oleh para pihak terkait. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam penutupan Festival Danau Lut Tawar, Selasa malam (10/12/2019), di Lapangan Musara Alun Takengon.

Event Festival Danau Lut Tawar merupakan acara yang digelar oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Aceh, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dan Komunitas seni di kabupaten penghasil kopi itu. Bertemakan “Aceh Glorious Heritage” berlangsung sejak 08 hingga 10 Desember 2019.

Festival ini salah event yang digelar untuk mempromosikan wisata di Gayo, lewat perhelatan seni budaya yakni Gayo Art Carnival, Lomba Festival Didong, Lomba Perahu Tradisional dan Parade Perahu Hias. Untuk meramaikan artis papan atas ibukota, Cakra Khan dan Virzha, turut dihadirkan. Tak ketinggalan artis dan band lokal yakni, Ervan Ceh Kul, Orang Hutan Squad, Andie Seuramo Reggae, Zombeetnica, Serudang Mango dan ragam atraksi seni budaya dari sanggar dan komunitas di Aceh Tengah.

Tak diragukan lagi, Dataran Tinggi Gayo dengan alamnya yang indah dan kekayaan budaya, adat istiadatnya mempunyai daya tarik bagi wisatawan baik internasional maupun nasional. Tinggal bagaimana mengemas dan mempromosikan dengan baik.

“Kegiatan promosi wisata tidak hanya berhenti sampai disini, semua pihak dan pihak terkait harus terus berupaya mempromosikan wisata, kami kira cukup banyak sarana dan media yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan wisata di Aceh Tengah,” ujar Shabela.

Wisata di Aceh dikenal dengan konsep wisata halal, sebut Shabela, selain promosi dengan menyelenggarakan event atau festival, pihak terkait harus mampu memenuhi sarana dan prasarana pendukung pariwisata halal. Hal itu menjadi PR bersama. Bukan hanya Pemerintah, namun juga penggiat bisnis pariwisata.

Sebelumnya Festival Danau Lut Tawar berlangsung meriah. Meski sempat diguyur hujan namun antusias pengunjung terlihat ramai. Berbagai pertunjukan yang disuguhkan berhasil memukau para penonton, begitu juga rangkaian kegiatan lainnya dalam festival ini.(Ars)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!