Pengusaha dari Taiwan Berencana Kembangkan Perkebunan Teh di Bener Meriah

REDELONG: Aceh Taiwan Bussiness Club (ATBC) yang terdiri dari pengusaha-pengusaha dari Taiwan berencana akan berinvestasi untuk membuka kembali pabrik teh di Kabupaten Bener Meriah.

Seperti dilangsir oleh Serambinews.com, Jasson, Ketua Delegasi ATBC yang didampingi beberapa anggota dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Aceh, ia beserta rombongan pengusaha dan ahli pertanian dari Taiwan, dalam dua hari ini sudah berkunjung ke beberapa lokasi di Bener Meriah, untuk melihat potensi pertanian yang dapat dikembangkan , Sabtu (21/7/2018).

“Awal mulanya kami bergerak untuk membangun ekonomi masyarakat Aceh setelah tsunami dan perdamaian. Dengan memfokuskan pada sektor real, karena 65% pekerjaan masyarakat adalah di sektor pertanian, jadi kita ingin terlibat pada sektor produksi, peningkatan nilai tambah, serta jaminan pasar, khususnya untuk tanaman teh,” kata Jasson, ketika menggelar pertemuan dengan Plt Bupati Bener Meriah, Sarkawi, di pendopo Bupati, selain teh tidak menutup kemungkinan juga akan menjajaki investasi lainnya pada komoditi kopi dan kentang.

Sementara itu, Plt Bupati Bener Meriah, Sarkawi, menyambut baik rencana tersebut dan akan menyiapkan hal-hal yang dianggap penting, mulai dari kesiapan lahan, keterlibatan masyarakat, regulasi, bentuk-bentuk kesepakatan, dan konsultasi dengan berbagai pihak.

“Kami menawarkan kerja sama untuk berkolaborasi di sini, karena kita punya sumber daya alam, mungkin teman-teman di Taiwan punya hal yang lainnya untuk bisa dikolaborasikan. Misalnya teknologi dan human resources-nya,” harapnya.(GDN)

SHARE