Penelitian Terbaru, Kecanduan Gadget Membuat Kaum Muda Tak Produktif

AUSTRALIA:Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Universitas Teknologi Queensland (QUT) Australia, setengah kaum muda berusia antara 18 hingga 24 tahun dilaporkan gagal produktif karena kecanduan gadget dan merasa kelelahan oleh penggunaan gadget yang berlebihan.

Dalam penelitian ini, satu dari lima wanita dan satu dari delapan pria sekarang kehilangan tidur karena waktu yang mereka habiskan untuk ponsel mereka.

Menurut para ilmuwan, kaum muda yang tidak produktif mengalami sindrom ‘technoference,’ yaitu ketika penggunaan ponsel menyebabkan gangguan selama kehidupan sehari-hari. Jumlah penderitanya pun semakin banyak setiap harinya.

Menurut temuan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah ini 24 persen wanita dan 15 persen pria dapat dikategorikan sebagai pengguna ponsel yang bermasalah. Juga ditemukan  40,9 persen anak-anak berusia 18 hingga 24 tahun dan 23,5 persen anak-anak berusia 25 hingga 29 tahun menderita technoference. technoference mengacu pada gangguan dan gangguan sehari-hari yang dialami orang akibat ponsel dan penggunaannya.

Untuk produktivitas, 12,6 persen partisipan pria dan 14 persen wanita mengalami penurunan produktivitas karena waktu yang mereka habiskan untuk ponsel.

Apa yang ditemukan ini menunjukan ternyata gadget  berpotensi semakin memengaruhi aspek fungsi siang hari karena kurang tidur dan meningkatnya kelalaian tanggung jawab.

Sementara itu, dalam sebuah studi terbaru lainnya yang dilakukan oleh Universitas Oxford dan Warwick, menyebutkan penggunaan gadget tak mengurangi jumlah waktu anggota keluarga di rumah.

Menurut penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family, anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dengan orang tua mereka daripada di tahun 2000. Sumber: ROL | sciencedaily

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!