Pemuda Asal Aceh ini Pembicara di Konferensi Teknologi Pendidikan International

 

JAKARTA: Jurnalis J Hius, pemuda Aceh yang kini menjadi Senior Engineer di Labtech International Ltd menjadi salah satu pembicara pada Konferensi International GESS Indonesia 2017 di Jakarta. Konferensi Pendidikan yang setiap tahun rutin dilaksanakan di Indonesia, Turki, UEA dan Mexico ini menghadirkan juga berbagai pembicara kondang lainnya seperti Prof Arif Rahman (Duta UNESCO untuk Indonesia), Dr Ing Ilham Akbar Habibie dan sederet pakar pendidikan di Indonesia dan dunia.
Tampil di hari kedua pada kategori Innovation Stage, Jurnalis mempresentasikan inovasi yang dikembangkan bersama timnya di Labtech International pada pemanfaatan teknologi virtual reality yang tengah digandrungi anak muda pada dunia game ke dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan vokasional yang membutuhkan banyak praktikum dibandingkan teori di kelas.

Dalam paparannya, Jurnalis mengatakan pentingnya insan pendidikan di Indonesia untuk mensinergikan perkembangan hardware dan software untuk kepentingan pendidikan, sehingga pendidikan di Indonesia bisa maju mengikuti zaman dan menjadi lebih efisien dan efektif serta menyenangkan.

“Teknologi bila dimanfaatkan dengan maksimal akan memberikan efek positif yang besar, apalagi bila dimanfaatkan untuk pendidikan, misalnya kami membuat sebuah lingkungan virtual lab praktikum, untuk kemudian memberikan akses kepada siswa melakukan tindakan praktikum di masing-masing lab dengan barang-barang virtual, tanpa mengurangi tujuan pembelajaran dan efek visual dan fungsi dari objek tersebut”, imbuh Jurnalis yang merupakan pemuda kelahiran Banda Aceh 32 tahun yang lalu ini.

Jurnalis menambahkan, generasi yang lahir pada zaman milenial (tahun 2000an) sangat mudah beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru, sehingga bila konten-konten negatif tidak diimbangi dengan konten-konten pendidikan, generasi muda kita akan dijajali dengan hal-hal buruk dan melalaikan, sehingga ia dan timnya hingga sekarang konsen untuk menciptakan berbagai konten digital bidang pendidikan yang sekarang sudah tersedia di bidang otomotif, elektronik, elektrikal dan ICT.

Konferensi GESS (Global Education Supply and Solution) diselengarakan di 4 negara berbeda dan kedepan akan diselenggarakan di Istanbul, Turki (Oktober 2017), Dubai (Maret 2018), Mexico (April 2018) dan Indonesia akan menyelenggarakannya kembali pada September 2018. (REL)

Komentar Anda
SHARE