Pemkab Aceh Tengah  Musrenbang Kecamatan 

0

TAKENGON– Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mulai menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk membahas program dan kegiatan tahun 2018.

Musrenbang dibuka oleh Asisten Adm Pembangunan, Amir Hamzah mewakili Plt. Bupati Aceh Tengah, Rabu (1/2/2017) yang dipusatkan di Kecamatan Ketol.

Kepala Bappeda Aceh Tengah, Arslan A. Wahab mengatakan kegiatan Musrenbang kecamatan akan berlangsung hingga tanggal 9 Februari 2017 mendatang.

“Musrenbang Kecamatan ini menjadi satu wadah guna mensinergikan kegiatan dan menyepakati usulan dari masing-masing kampung menjadi prioritas Kecamatan maupun lintas kecamatan untuk tahun 2018,” ungkap Arslan.

Ditambahkannya, usulan yang disepakati pada Musrenbang kecamatan tersebut berikutnya akan dibahas dalam forum SKPK dan Musrenbang tingkat Kabupaten.

” Hasil Musrenbang Kecamatan akan disinergikan dalam Forum SKPK yang akan digelar pada minggu ketiga bulan Februari ini, dan berikutnya usulan prioritas akan dibahas dalam Musrenbang Kabupaten yang direncanakan berlangsung di minggu ketiga bulan maret nanti,” katanya.

Sementara Amir Hamzah mengatakan Musrenbang Kecamatan menjadi strategis untuk mengakomodir kepentingan dan aspirasi masyarakat ditingkat kampung dan kecamatan guna mendapat porsi anggaran pada tahun 2018.

Selain itu, Amir Hamzah juga menekankan agar masing-masing kampung di setiap kecamatan juga merumuskan perencanaan yang menjadi kewenangan kampung dari dana APBN.

“Setiap usulan nanti akan ditetapkan skala prioritas dan menjadi dasar penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2018,” ujar Amir Hamzah.

Musrenbang tingkat kecamatan diikuti oleh delegasi masing-masing kampung, anggota DPRK dari daerah pemilihan setempat, lembaga swadaya masyarakat yang memiliki wilayah tugas di kecamatan tersebut dan kelompok perempuan.(REL)

Komentar Anda
SHARE