Pemkab Aceh Tengah Mulai Bagikan Masker, Ini Kata Jayusman

  • Whatsapp
Bupati Shebala Saat membagikan masker untuk Camat Silihnara (Photo/Kar)

KABARGAYO.COM, Takengon: Program pembagian masker untuk masyarakat yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, mulai disalurkan melalui pihak Kecamatan untuk dibagikan kepada masyarakat kampung.

Pogram yang belakangan menuai pro kontra ini, sebelumnya dianggarkan Rp2,1 Miliar untuk pengadaan 300 Ribu masker namun baru 200 Ribu yang siap dengan harga per-satuanya sebesar Rp. 7000. Sisanya 100 Ribu masker lagi sementara ditunda.

Read More

Kepala dinas kesehatan Jayusman mengatakan, pihaknya sebelumnya merencanakan, satu jiwa mendapat 2 masker untuk seluruh masyarakat diatas 5 tahun.

“Sementara kita tunda dulu yang 100 ribu, kami fokus membagikan 200 ribu masker terlebih dahulu, sekaligus mensosialisikan kepada masyarakat terkait Peraturan Bupati tentang wajib mengenakan masker difasilitas-fasilitas umum,” kata Jayusman saat penyerahan masker secara simbolis di Masjid Babul Jannah Angkup Silihnara, Rabu (17/06/2020).

Perbup nomor 25 tahun 2020 tentang penggunaan masker dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 mulai diundangkan tertanggal 15 Juni 2020 itu merupakan pintu masuk bagi pemerintah dengan pihak terkait menertibkan masyarakat yang enggan memakai masker yang telah dibagikan.

“Bagi masyarakat yang tidak memakai masker ketika kefasilitas umum seperti pasar, sekolah dan masjid akan ditindak oleh pihak keamanan,” kata Jayusman.

Proses penyaluran masker ini kata dia, Dinas kesehatan menyalurkan kepihak Kecamatan, selanjutnya pihak Kecamatan mendistribusikan kembali ke Kampung kampung.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah usai menyerahkan masker secara simbolis menghimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker yang telah diberikan pemerintah.

“Meski status Aceh Tengah zona hijau tidak boleh merasa bangga, harus tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, jaga jarak dan biasakan mencuci tangan,” papar Shabela Abubakar.

Untuk diketahui, secara simbolis, masker itu dibagikan ke masyarakat yang ada di kecamatan Silihnara sebanyak 22.900 lembar dan untuk Kecamatan Atun Lintang sebanyak 6000 lembar. (Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts