Pelayanan Dukcapil Aceh Tengah Dari Desa terpencil

Kadis Duscapil, Mustafa Kamal bertemu aparatvdesa guna meninjau kesiapan pelayanan. (foto-kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon; Pelayanan Administrasi Kependudukan yang cepat dan membahagiakan terus digencarkan oleh Dinas Dukcapil Aceh Tengah. Satu diantara upaya yang dilakukan adalah dengan mendekatkan layanan Adminduk hingga di tingkat kampung.

“Pelayanan di tingkat kampung menjadi fokus kami tahun 2022, terutama kampung terpencil atau jauh dari Takengon,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, (8/4).

Read More

Menurutnya pelayanan Adminduk di tingkat Kampung memberi dampak yang besar bagi masyarakat dan langkah strategis untuk mewujudkan validitas serta updating data kependudukan. Karena itu, pelayanan di kampung menjadi program khusus yang diberi nama Kampung Sadar Administrasi Kependudukan (Kaminduk).

“Sebenarnya ini bukan program baru, kita sudah coba mulai sejak tahun 2020 dan saat ini ada 40 kampung yang sudah bisa melakukan pelayanan pengajuan berkas masyarakat hingga pencetakan dokumen, tanpa harus masyarakat datang sendiri ke kantor Disdukcapil,” jelasnya.

Mustafa menyebutkan pihaknya secara berkelanjutan akan melakukan sosialisasi dan mendatangi kampung-kampung terpencil untuk meninjau kesiapan perangkat maupun sumber daya aparatur yang mampu dan memiliki integritas untuk mengelola pelayanan dimaksud.

Semangat memberikan pelayanan publik yang cepat dan mudah terutama untuk kampung atau wilayah yang jauh dari Takengon merupakan penegasan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, bahkan menjadi jargon pemerintah daerah.

Pemerataan pelayanan mulai dari pinggir hingga ke kota, tidak hanya terkait dengan pembangunan fisik tapi juga pembangunan sumberdaya manusia hingga pelayanan publik terus menjadi penekanan Shabela memasuki usia 5 tahun kepemimpinannya. (KG45)

Related posts