Pasar Buntul Kemumu Akan Dijadikan Pasar Tradisional dan Pasar Lelang 

Rais Abidin Camat Permata
REDELONG : Sejak dibangun Pasar Buntul Kemumu oleh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah Di Kecamatan Permata dua tahun yang silam sampai hari ini belum difungsikan, bahkan bangunan yang menelan biaya milyaran rupiah itu terlihat seperti bangunan terlantar beberapa bulan kebelakangan ini. 

Namun Camat Permata Rais Abidin untuk memfungsikan bangunan tersebut akan memanfaatkan menjadi pasar Tradisional dan pasar lelang. Hal tersebut disampaikannya pada Kabargayo Senin ( 14/11) di Kenred depan Perkantoran Pemda Bener Meriah. 

Rais Abidin mengatakan,  untuk memfungsikan pasar Bantul Kemumu sebagian langkah awal kami melibatkan Sarjana dari Kecamatan Permata. Kata Rais 

” Pasar Bantul Kemumu akan kita aktifkan sebagian pasar tradisional, dan pasar lelang dan sebagai langkah awal yang kami tempuh kita akan melibatkan berbagai Sarjana, baik Sarjana ekonomi Sarjana Teknik  dan sejauh ini sudah ada 15 Sarjana yang telah kita rekrut ” ujar Rais Abidin. 

Hal tersebut kita lakukan guna untuk menumbuhkan kembangkan usaha masyarakat, disamping itu juga kita akan aktifkan terminal transit dari Bener Meriah ke Aceh Utara, kedua hal tersebut dalam rangka beroperasinya Jalan Bener Meriah dan jalan Aceh Utara. Papar Rais Abidin. 

Lebih lanjut dijelaskannya, setiap harinya seratus mobil yang bolak balik dari Bener Meriah Ke Aceh Utara, begitu juga sebaliknya dan saya yakin apabila pembangunan jalan  Bener Meriah Aceh Utara telah rampung, otomatis mobil yang melintas bisa mencapai 200 mobil tiap harinya. Dan masyarakat bisa memanfaatkan jalan tersebut untuk meningkatkan perekonomian mereka dengan menjual buah-buahan dipingirian jalan tersebut. Ungkap Rais. 

” Masyaraka Kampung Seni Antara sebagai contohnya sekarang ini mereka sudah mulai memanfaatkan keberadaan jalan yang semakin ramai dilalui setiap harinya dengan menjual sayuran dan buah dan saya melihat cukup laris untuk itu kita sangat mensuport hal itu, karena selain dapat menambah incam masyarakat juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) . Dan pada 2017 saya juga akan rencanakan buka pasar Tumpah dipingirian jalan tersebut yang akan dibuka setiap jam 11 sampai jam 16 sore dan kita telah meminta pada Pemerintah Bener Meriah untuk membangun kios kios kecil di pinggir jalan tersebut ” terang Camat Permata itu. 

Rais Abidin menambahkan, sekarang ini kita sedang menyusun setruktur pengelola pasar itu, dan insya allah tahun 2017 pasar tradisional dan pasar lelang itu sudah efektif beroperasi, seraya menambahkan hal positif yang dirasakan masyarakat Permata pada saat ini harga kebutuhan masyarakat seperti ikan dan bahan bangunan lebih murah dibandingkan dengan sebelum jalan tersebut dibangun, karena akses jalan dari Aceh Utara ke Permata sudah dekat melalui jalan ini Sebutnya. ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE