Parpol di Bener Meriah Ikuti Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi

0

 

REDELONG:Puluhan Pimpinan Partai politik di Kabupaten Bener Meriah ikuti sosialisasi pendaftaran dan verifikasi parati politik calon peserta Pemilu tahun 2019, yang di selenggarakan  Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) setempat Jum’at (29/9/2017) di aula Sekdakab.
Muktaruddin, Ketua KIP Bener Meriah dalam sambutanya mengatakan, dilaksanakan sosialisasi ini agar partai politik calon peserta pemilu dapat memahami mekanisme pendaftaran serta melengkapi dokumen pendaftaran. Selanjutnya pada tanggal 1 s/d 3 Oktober 2017 pihak penyelengara akan mengumumkan informasi pendaftaran tersebut.

Menurutnya, pihak penyelengara perlu memberikan informasi seluas-luasnya mengenai mekanisme pendaftaran kepada seluruh partai tanpa membedakan partai yang lama dengan partai baru agar  informasi yang dibutuhkan tidak terjadi miskomunikasi. Selain itu juga diharpakan partai politik dapat mencermati dan mempelajari peraturan Undang-Undang  Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, dan secara teknis terkait pendaftaran itu telah diatur dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2017. Papar Muktaruddin.

Muktarudddin menambahkan, pada tanggal 3 s/d 16 oktober 2017 verfikasi dokumen persyaratan yang dimasukan Parpol ke KIP guna untuk dilakukan verifikasi faktual dan nantinya bila masih ada persyarakatan yang belum dipenuhi KIP akan memberikan waktu melengkapi pada tahap perbaikan.

“ KIP, akan memberikan waktu perbaikan kepada setiap Parpol yang mendaftar dengan waktu yang telah ditentukan nantinya, dan juga akan melakukan verifikasi faktual “.

Terkait dukungan, itu mengacu kepada 1 per 1000 dikali jumlah penduduk, dimana jumlah penduduk Bener Meriah sebanyak seratus sembilan puluh empat ribu, artinya setiap dukungan calon hanya dibutuhkan 154 pendukung dengan ditandai poto copy KTP dan KTA anggota partai. Dan hal itulah yang nantinya diverifikasi untuk memastikan pendukung tersebut bukan pendukung dan anggota partai ganda. Kata Ketua KIP itu. ( Gona )

Komentar Anda
SHARE