Pameran Dekranasda Resmi Di Tutup, Bener Meriah Raih Juara I Stan Terbaik 

0

REDELONG : Pameran Dekranasda Se-Aceh yang di laksanakan sejak tanggal 17 sampai 19 oktober di Kabupaten Bener Meriah resmi  ditutup Rabu 19 Oktober . 

Plt Bupati Bener Meriah Drs. H Rusli M Saleh yang di wakili Seketaris daerah ( Sekda ) Kabupaten Bener Meriah Drs Ismarissika, MM Rabu (19 /10 ), menutup Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Aceh Tahun 2016. Tuan rumah Bener Meriah berhasil meraih juara pertama lomba stand pameran terbaik.

Penutupan acara yang dirangkai dengan pameran kerajinan dan makanan unggulan di halaman Gedung  Olah Seni/Raga ( GOSR ) setempat. Pada kesempatan itu, Plt Bupati Bener Meriah Drs Rusli M Saleh, Ketua Panitia pelaksana Rakerda-Dekranasda Aceh Drs. Syahril, AK. Msi Ketua DPRK Bener Meriah Guntarayadi, SP, dan Ketua Dekranasda Bener Meriah Ny Rakhminar, S.pd Secara bergiliran menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada pemenang Kategori Stan terbaik, Produk makanan terbaik, hasil karya Kerjinan terbaik dan juga Busana daerah terbaik. 

Ismarissika dalam sambutannya, berharap pameran itu menjadi motivasi bagi pengrajin di Kabupaten Bener Meriah khususnya, seluruh Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh umumnya. Untuk terus meningkatkan kualitas berbagai kerajinan yang dihasilkannya. Karena menurutnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pengerjaan. Sebutnya 

Banyak hikmah yang kita dapatkan selama pameran Dekranasda ini, terutama bagi pengusaha pengerjaan, dan juga bagi pengusaha produk makanan unggulan masing-masing daerah. Dimana kedepannya pengerajin maupun pengusaha makanan dapat lebih menciptakan kereasi kereasi terbaiknya. Paparnya Ismarissika. 

” juga berharap kegiatan ini memotivasi pemerintah dalam membina UKM untuk dapat mengembangkan dan memasarkan hasil karyanya, melalui SKPK maupun BUMD yang terkait “, pinta Ismarissika seraya mengatakan kami sebagai tuan rumah sanggat berharap para tamu masih dapat menikmati suasana Kabupaten Bener Meriah yang berhawa sejuk ini, dalam semalam sambil kita secara bersamaan menyaksikan beberapa hiburan daerah yang akan menampilkan seni kebudayaan daerah dataran tinggi gayo . Di akhir sambutanya dia sempat menginformasikan Kabupaten Bener Meriah mengandung banyak teka-teki yang belum di ketahui para tamu seperti ada suatu kejadian yang terjadi di malam ” Jum’at” celotehnya yang penuh  makna misterius . 

Sementara dalam laporannya Ketua Dekranasda Bener Meriah Ny. Rakhminar, mengatakan sebagai tuan rumah kami telah berupaya dengan maksimal untuk suksesnya kegiatan ini. Meski masih ada kekurangan namun itu semua bukan kesengajaan. Sebut Rakhminar 

” Rakerda-Dekranasda Aceh 2016 ini, terutama Bener Meriah dapat menjadi salah satu upaya mendorong perekonomian masyarakat untuk lebih sejahtera, karena dapat membina dan membantu masyarakat dalam dunia usaha kerajinan maupun usaha produk makanan ” Ujar Rakhminar 

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana Rakerda-Dekranasda  Aceh Drs.Syahril, AK.Msi menyampaikan hasil Rakerda-Dekranasda yang di laksanakan, agar para Ketua Dekranasda untuk berupaya terus meningkat hasil laporan kegiatan setiap tahun pada Dekranasda Aceh. Karena ada beberapa Kabupaten yang belum selesai menyampaikan laporan kegiatan tahunnya. Jelas Syahril. 

Ketua Tim evaluasi Rakerda-Dekranasda Aceh Dra. Ladinda Rismawati menyebutkan, dari hasil evaluasi Rakerda-Dekranasda 2016 masih banyak catatan yang harus di tingkat masing-masing daerah untuk tahun 2017 nanti, seperti peningkatan bidang usaha, bidang pemasara hasil kerajinan masyaraka, dan koordinasi dengan pemerintah untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan juga membantu modal usaha masyarakat. Serta membuat koperasi di Kampung kampung masyarakat pengerajin. Tuturnya. ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE