Pacuan Kuda Dalam Rangka Hut Kota Takengon ke 440 Tahun Dibuka

Pacuan Kuda sebagai bagian tradisi warisan Adat Gayo, kembali di gelar di lapangan Blang Bebangka Kabupaten Aceh Tengah. Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon ke 440 Tahun, 3 Kabupaten serumpun Gayo berkompetisi menerjunkan Kuda-kuda terbaik dan Joki handal di Lapangan Pacuan Kuda HM. Hasan Gayo, Blang Bebangka Aceh Tengah.

TAKENGON-   Sebanyak 349 ekor Kuda pacu, turut memeriahkan HUT Kota Takengon ke 440 tahun, yang secara resmi dibuka hari ini 20/3/2017, oleh Khairul Asmara selaku Wakil Bupati Aceh Tengah di Lapangan Pacuan Kuda HM.Hasan Gayo, Desa Blang Bebangka Kabupaten Aceh Tengah. Lomba Pacuan Kuda selain menjadi event yang di nanti-nanti oleh masyarakat pecinta olah raga Kuda Pacu di 3 Kabupaten yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, juga sebagai wadah untuk mendidik Atlit berkuda ke kancah Nasional.

Dalam pembukaan acara pacuan Kuda yang di hadiri oleh jajaran Forkopimda Aceh Tengah, Khairul Asmara selaku Wakil Bupati mengatakan “Mari kita jadikan hari jadi Kota Takengon sebagai peringatan kesadaran masyarakat, guna menempatkan Takengon sebagai Kota yang Asri, Kota yang layak dihuni, sesuai dengan tema hari jadi kota Takengon hari ini”. Khairul Asmara juga menyampaikan bahwa “Pelaksanaan pacuan Kuda Tradisional Gayo, memiliki tujuan strategis dan istimewa sebagai wujud dari pelestarian tradisi masyarakat yang sudah berlangsung selama puluhan tahun”.

Khairul Asmara juga mengingatkan dan menghimbau bahwa dalam pelaksanaan pacuan kuda Tradisional HUT Kota Takengon ke 440 Tahun, “Berkomitmen dengan pelaksanaan Syariah Islam, ia meminta kepada siapapun menjadikan lomba pacuan kuda tetap dalam koridor Syariah Islam, bukan sebaliknya menjadi ajang maksiat, khalwat dan judi”. Pernyataan Khairul Asmara juga dipertegas dengan adanya pajangan Spanduk dari Dinas Syariah Islam Aceh Tengah, bertuliskan “Judi Perbuatan Haram dan Berdosa”, dibawah teribun Lapangan Pacuan Kuda HM. Hasan Gayo.

Pada sesi laporan panitia, Syukuruddin selaku kepala Dinas DISBUDPARPORA Aceh Tengah, menyampaikan laporan panitia terkait pelaksanaan Pacuan Kuda Tradisional, dalam rangka memeriahkan HUT kota Takengon ke 440 tahun, mengumumkan total formasi 349 ekor Kuda Pacu yang ikut bertanding, dengan kualifikasi Kuda pemula sebanyak 15 ekor dari 3 kabupaten, 56 kuda dewasa dari Gayo Lues , 111 Kuda dewasa dari Bener Meriah, serta 167 ekor kuda dewasa dari Aceh Tengah selaku tuan rumah. (ErwinSp)

Komentar Anda
SHARE