P2TP2A Bener Meriah Gelar Seminar Membangun Mekanisme Perlindungan Perempuan dan Anak

0

REDELONG : Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak ( P2TP2A ) Bener Meriah mengelar acara seminar membangun mekanisme perlindungan terhadap perempuan dan anak, Kamis ( 15/12 ) di Mess Pemda Bener Meriah.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari peserta terdiri dari  Instansi terkait, LSM, Organisasi perempuan, perwakilan Masyarakat. Dan dihadiri Asesten II Drs Muklis, Ketua Badan Legeslasi ( Banleg ) DPRK Bener Meriah Tgk Muhammad Amin, Camat Bandar Al-Manar, Camat Permata Drs Rais Abidin.

Dalam laporanya  panitia pelaksana yang disampaikan oleh Seketaris P2TP2A Bener Metiah Susnai menyampaikan , kegiatan  seminar yang  dilaksanakan P2TP2A  bertujuan untuk membangun pemahaman bersama tentang arah kebijakan pembangunan perlindungan perempuan, singkronisasi program dan kegiatan program perlindungan perempuan dan anak Pemerintah Kabupaten, berbagi pengalaman/ best practise terkait upaya perlindungan kepada perempuan dan anak, pemetaan kekuatan, tantangan dan hambatan dalam upaya perlindungan kepada perempuan dan anak, membangunan pemahaman  bersama tentang peran dan fungsi pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak dalam melakukan upaya pencegahan, penanganan dan pemulihan serta pemberdayaan perempuan dan anak korban kekerasan sesuai dengan amanah undang- undang Pemerintah daerah nomor 23 tahun 2014, membuat kesepakatan bersama terkait mekanisme penanganan kusus kekerasan terhadap dan anak baik di tingkat kampung dan kecamatan. Dan membuat komitmen bersama dalam mewujudkan perlindungan terhadap perempuan dan anak secara terpadu, termasuk membentuk gugus tugas traffking.

Susmaini menambahkan, adapun peserta seminar terdiri dari Instansi terkait, organisasi wanita LSM, dan perwakilan masyarakat. Dan sumber anggaran kegiatan dari DPA P2TP2A Bener Meriah dan Hibah.
Sementara itu dalam sambutanya Plt Bupati Bener Meriah Drs Hasanuddin Darjo MM yang diwakili Sesten II bidang Ekinomi Pembangunan Drs Muklis mengataka, kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi penomani saat ini. Kata Drs Muklis
” Kekerasan terhadap perempuan dan anak itu sering terjadi yang dilakukan oleh orang- orang dekat. Dan itu sudah sering terjadi bahkan di Kabupaten Bener Meriah terdapat beberapa kasus kekerasan yang dilakujan orang dekat” ujar Drs Muklis.

Untuk itu kata Asesten bidang Ekonomi Pembangunan itu, salah satu cara meminilisir terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah melalui seminar ini. Karena dalam pencegahan kekerasan keluarga harus pro  aktif tentunya dengan dibekali pemahaman penanganan yang akan dipaparkan narasumber kegiatan ini nantinya. Sebutnya.

Dia meminta, kegiatan seperti ini kedepanya terus ditingkatkan guna mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Pinta Drs Muklis.

Adapun narasumber dalam acara seminar tersebut, kepala BP. PP Bener Meriah Dra. Halimah, Seriwahyuni Perwakilan P2TP2A, Kasad Reskerim Polres Bener Meriah dan menjadi modrator Pakhruddin Perwakilan advokasi P2TP2A Bener Meriah. ( Goba )

Komentar Anda
SHARE