Nasaruddin:Infrastruktur Jalan Sangat Penting Untuk Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Nasaruddin, Calon Wakil Gubernur Aceh saat bersama warga Beutong Atueh

JEURAM- Segenap warga Beutong Ateuh Kabupaten Nagan Raya sepakat dukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan Nasaruddin (AZAN) karena menilai punya komitmen untuk meningkatkan jalan lintas tengah Aceh, khususnya lintas Takengon- Jeuram.

Pandangan warga Beutong tersebut karena meyakini Nasaruddin yang telah menjadi Bupati Aceh Tengah dua periode dan lama bertugas di Kabupatan Aceh Barat (dulu masih termasuk Nagan Raya), sehingga sangat memahami kondisi jalan tersebut, karena sebagian besar warga Barat-Selatan dan Tengah Aceh juga memanfaatkan jalan itu untuk bertani maupun berdagang.

“Kami menilai ada keikhlasan dan komitmen yang kuat dari Pak Zaini dan Pak Nasaruddin untuk membangun dan meningkatkan jalan lintas Takengon-Jeuram,” ungkap seorang tokoh masyarakat Beutong Ateuh, Jamaluddin Raden, Kamis (26/01) dalam silaturrahmi dengan Calon Wakil Gubernur, Nasaruddin.

Menurut Jamaluddin, jalan yang ada saat ini selain sempit juga pada beberapa titik jalan rawan longsor, sehingga disaat tertentu masyarakat setempat mengalami kesulitan berusaha.

Nasaruddin memahami kondisi masyarakat yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Aceh Tengah tersebut. Menurutnya harus ada solusi yang nyata  untuk membantu masyarakat di wilayah pedalaman Aceh seperti Beutong Ateuh.

“Paling pertama harus dibangun adalah jalan yang representatif, minimal bisa dilewati bus dan truk ukuran sedang, sehingga masyarakat mudah untuk memasarkan hasil pertanian atau usaha lainnya,” kata Nasaruddin.

Jalan yang berkondisi baik tersebut, kata Nasaruddin akan membangkitkan ekonomi masyarakat setempat, selain itu juga membangkitkan ekonomi Aceh secara umum karena distribusi barang menjadi lebih lancar antara pesisir timur Aceh dengan wilayah barat selatan yang melalui wilayah tengah Aceh.

Nasaruddin mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi jalan lintas tengah yang menghubungkan Takengon-Jeuram.

Menurutnya, membangun jalan yang representatif menjadi solusi jangka panjang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat bahkan Aceh secara umum.

“Beutong Ateuh harus menjadi lintasan utama di wilayah tengah Aceh,” ungkap Nasaruddin ketika bersilaturrahmi dengan segenap tokoh masyarakat Beutong Ateuh, Kamis (26/01).

Menurutnya, wilayah pedalaman seperti Beutong Ateuh menjadi satu dari sekian banyak kantong-kantong kemiskinan di Aceh yang harus diperhatikan lebih serius.

Kondisi jalan yang tidak baik, menyebabkan warga di pedalaman Aceh kesulitan untuk berusaha, jika pun mengembangkan usaha pertanian, biaya produksi menjadi mahal dan harga penjualan hasil sangat rendah karena transportasi sulit.

“Jadi masyarakat tidak semangat untuk berusaha, hasil pertanian bernilai jual rendah karena tingginya biaya produksi, inilah yang menyebabkan pendapatan masyarakat rendah dan menjadi penyumbang persentase kemiskinan di Aceh,” ujarnya.

Nasaruddin bersama dengan Zaini Abdullah telah sepakat untuk mengutamakan infrastruktur jalan di Aceh sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, termasuk menjadikan jalan Takengon-jeuram yang melewati Benteng Ateuh sebagai lintasan utama wilayah tengah yang menghubungkan pesisir utara dengan pesisir barat Aceh. Paling tidak harus nyaman dilewati oleh bus dan truk ukuran sedang. (REL)

Komentar Anda
SHARE