Muktaruddin Ketua Baru KIP Bener Meriah ” Jangan Lemahkan Lembaga Penyelenggara Pilkada” 

0

REDELONG :  Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) tingkat Kabupaten adalah lembaga penyelenggara pesta demokrasi, baik pemilihan legislatif ( DPR ) Maupun Kepala daerah ( Bupati ) . Dalam tugas dan fungsinya menyelenggarakan seluruh tahapan dalam Pilkada dan Pileg, yang bekerjasama dengan Pemerintah daerah atas kewajibannya memfasilitasi Pilkada dengan mengalokasikan  anggaran dan fasilitas tempat,  serta Panwaslih yang mengawasi segala tahapan berlangsung semua tahapan  pemilu juga bermitra dengan pihak kepolisian yang berkewajiban mengamankan. Hal tersebut guna  terwujud Pemilu yang aman nyaman, jujur dan adil agar pemilukada berjalan seperti harapan semua . 

Penyelenggaraan Pilkada hampir sampai pada tahap penetapan Bakal calon Bupati, menjadi Calon Bupati yang menurut jadwalnya akan ditetapkan pada  tanggal 24 Oktober mendatang, di Kabupaten Bener Meriah hampir di pastikan akan ada 7 ( tujuh ) Bapaslon Bupati yang akan di tetapkan menjadi calon bupati, terdiri dari 4 bapaslon bupati yang di usung Partai politik, dan 3 bapaslon bupati lewat jalur Independen. 

Seyogyanya KIP sebagai lembaga penyelenggara, terdiri dari 5 Komisioner, yang bersifat kolektif dan kolegial sebagai lembaga penyelenggara Pemilu dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus selalu sinerji agar tidak menimbulkan persepsi yang berbeda. Namun nampaknya hal tersebut tidak berjalan dengan baik di KIP Kabupaten Bener Meriah, yang akibatnya telah terjadi perselisihan di KIP Bener Meriah antara Ketua KIP Iwan Kurnia dengan Anwar Hidayat komisioner KIP Bidang SDM dan Humas yang disenyalir karena permasalahan data perekerutan PPK yang mengakibatkan Ketua KIP harus berurusan dengan hukum karena di duga telah melakukan pemukulan terhadap Anwar Hidayat.

Regulasi tahapan pemilu terus  berlangsung sehingga dalam mengkondusipkan berlangsungnya Pilkada 2017 KIP Bener Meriah melaksanakan Pleno untuk memilih Ketua KIP yang baru, karena ketua KIP lama akan menjalani pemeriksaan hukum oleh pihak Kejaksaan.

Pleno pun berlangsung pada tanggal 17 Oktober tepatnya Selasa malam, dari hasil pleno tersebut ketiga komisioner KIP di antaranya, Yusrijal Faini, Rosmanila, dan Anwar Hidayat menunjuk Muktaruddin sebagai Ketua. 

KIP provinsi telah menyetujui hasil pleno terkait pemilihan Ketua KIP Bener Meriah yang baru, yaitu Muktaruddin terpilih secara aklamasi .

Muktaruddin sebagai Ketua KIP Baru saat di konfirmasi Kabargayo Minggu  ( 23/10 ) terkait stabilitas KIP Bener Meriah yang baru ini beredar adannya rekaman yang merusak citra KIP Bener Meriah bahwasanya banyak asumsi masyarakat KIP Bener Meriah tidak netral, di ruang Seketaris KIP Bener Meriah, yang turut di saksikan komisioner KIP Anwar Hidayat menyampaikan, sebagai ketua KIP Bener Meriah yang baru saya akan lakukan konsolidasi dengan seluruh komisioner. Terangnya.

” Saya akan melakukan konsolidasi internal terhadap komisioner KIP dan seketaris KIP, Kasubag dan anggota fokja pencalonan, menyangkut tahapan Pilkada Kabupaten Bener Meriah”, terangnya .

Muktaruddin menambahkan, Agar seluruh anggota disiplin dalam melaksanakan tugas secara optimal sesuai dengan aturan yang berlaku, karena selama  ini hal itu yang tidak di lakukan ketua yang lama sehingga mengakibatkan tidak terjadinya dismotivasi baru di lingkungan komisioner, Seketaris, Kasubag, staf maupun pengawas, ungkap Muktaruddin.

Selain itu juga dalam kepemimpinan saya ini, nantinya akan melaksanakan konsolidasi eksternal dalam membangun hubungan yang baik dengan seluruh setikholder, agar selama pelaksanaan tahap Pilkada di Kabupaten Bener Meriah berlangsung secara transparan, aman, nyaman, bermartabat, dan berkualitas, kata Mukhtaruddin.

” Kita berharap dalam penyelenggaraan Pilkada KIP sebagai lembaga penyelenggara jangan sampai di lemahkan dengan isu anasir anasir yang mengganggu demokrasi, baik bersifat politik uang maupun pelanggaran atas alasan penyelenggaraan Pilkada “.pinta Muktaruddin  ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE