MPU Bener Meriah Gelar Musda Pemilihan Calon Anggota MPU Periode 2019-2024

REDELONG : Majelis Permusyawaratan Ulama ( MPU ) Kabupaten Bener Meriah gelar Musyawarah daerah ( Musda ), terkait untuk pemilihan anggota MPU Bener Meriah priode 2019-2024. Karena MPU priode 2014-2919 akan berakhir pada 23 Juli 2019.

Untuk hal tersebut, MPU Bener Meriah sejak Senin tanggal 13 Mei sampai dengan tanggal 19 Mei 2019 mendatang melaksanakan rangkaian acara untuk menjalankan tata tertib ( tatib ) Musda MPU Kabupaten Bener Meriah. Kata Tgk. Almuzani ketua MPU Bener Meriah, Selasa ( 14/5/2019) di aula kantor MPU setempat.

Menurutnya, mekanisme untuk menentukan calon anggota MPU harus melalui tes mampu baca kitab Lanatul Talibin( Kitab Kuning ) serta memahami dan mengartikannya. Ungkap Tgk. Almuzani.

Lanjutnya lagi, pelaksanaan Musda MPU berlangsung secara bergiliran untuk menentukan calon anggota MPU perwakilan kecamatan masing-masing, dan dimana setiap satu hari peserta yang mengikuti tes mampu baca kitab kuning utusan dua kecamatan.

” Perharinya dua Kecamatan yang mengikuti tes, sehingga prosesi tes untuk seluruh kecamatan akan memakan waktu 5 hari dan kemudian 1 hari lagi akan dilaksanakan tes tingkat Kabupaten “jelas Ketua MPU Bener Meriah itu.

Tgk Almuzani mengatakan lagi, untuk masing-masing perkecamatan di undangan sebanyak 25 orang, namun banyak peserta yang tidak hadir dan tidak bersedia untuk mengikuti tes. Hal itu berdasarkan isian formulir yang disediakan panitia.

Dia juga menyebutkan, untuk tim penguji walaupun dia sebagai calon namun secara otomatis dia dinyatakan mampu baca kitab Kuning. Dan hal itu sesuai dengan tata tertib yang telah disepakati.

” Kalau tim penguji secara otomatis dinyatakan lolos sebagai anggota MPU periode selanjutnya kalau tidak ada peserta lainnya yang ikut tes, karena satu kecamatan hanya satu orang yang direktur menjadi anggota “, terangnya.

Sedangkan untuk tes tingkat Kabupaten hanya akan dilangsungkan selama satu hari, dan jumlah peserta yang direncakan diundang mengikuti tes sebanyak 70 peserta.

Untuk susunan ke anggotaan MPU terdiri dari 26 anggota, yang terdiri dari Ketua, wakil ketua KSU sebanyak 4 orang dan anggota 21 orang. Juga terdiri dari tiga Komisi yaitu Komisi A yang membidangi tentang Hukum Fatwa dan perundang-undangan, Komisi B membidangi tentang program dan menjalankan kinerja MPU, dan Komisi C membidangi dakwah dan urusan masyarakat.

Dari pantauan media ini, sampai hari ketiga pelaksanan Musad sudah 6 kecamatan yang telah menyelesaikan tes mampu baca kitab kuning. Diantaranya kecamatan Pintu Rime Gayo, Gajah Putih, Timang Gajah, Wih Pesam, Bukit, dan Kecamatan Permata.

Adapun tim penguji diantaranya, Tgk Almuzani ( Ketua MPU ), Tgk Pakamuddin, S. Sy ( Wakil ketua MPU ), Tgk. Budiman, ( Perwakilan MPU Aceh dari Bener Meriah ) dan Tgk H. M. Alimal. ( Gona ).

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!