Apresiasi Fatwa Haram Game PUBG, ini kata Ketua MPU Bener Meriah

  • Whatsapp

REDELONG : Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama ( MPU ) Kabupaten Bener Meriah, Tgk. Almuzani mengapresiasi keputusan MPU Provinsi Aceh mengeluarkan fatwa haram terhadap game Player Unknown’s Battle Grounds ( PUBG ) dan sejenisnya.

Menurut Tgk Almuzani, pada dasarnya pihaknya MPU Kabupaten/Kota, menyikapi positif fatwa haram oleh MPU Provinsi Aceh terkait permainan game PUBG, dan pihaknya sangat mengapresiasi keputusan tersebut. Kata Tgk Almuzani saat dikonfirmasi media ini usai pengukuhan dan pelantikan pengurus MPU Bener Meriah masa bakti 2019-2024 di Aula Kantor Bupati setempat. Kamis 27 Juni 2019.

Keputusan untuk fatwa haram terkait game tersebut, tentunya MPU Aceh telah mengkaji dan mempertimbangkan sejauh-jauhnya tentang manfaat dan mudarat dari permainan itu. Ujar Ketua MPU yang terpilih dua priode tersebut.

Lanjutnya, dalam mengeluarkan suatu fatwa banyak pembahasan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu hukum yang di fatwakan itu, banyak narasi-narasi yang perlu dibaca secara teliti yang mungkin arah mudaratnya lebih banyak ketimbang manfaatnya.

” kalau mudaratnya lebih banyak dari pada manfaatnya itu kan lebih baik jangan dilakukan, untuk itulah mungkin dari penelitian banyak mudarat yang ditimbulkan permainan PUBG sehingga itu diharamkan “, ulas Tgk. Almuzani.

Terkait hal itu, MPU Bener Meriah secara regulasi menurut Qanun akan tetap memberikan masukan kepada pemerintah daerah. ” Kalau dari segi Qanun kita hanya memberikan masukan dan nasehat dalam hal menjalankan apa yang telah di fatwakan oleh MPU Provinsi Aceh “.

” Kita bersinergi dengan pemerintah daerah, bagaimana yang difatwakan tersebut dapat berjalan tentunya kita harus bermusyawarah dengan pemerintah daerah “, ungkap Tgk . Almuzani.

Ketua MPU itu menambahkan, pihaknya menyadari dalam hal ini MPU bukanlah pengeksekusi tentang aturan tersebut, akan tetapi kita berkewajiban memberikan nasehat dan mengamanahkan agar apa yang telah dilarang tersebut jangan dilakukan.

Oleh sebab itu, setelah pengukuhan dan pelantikan pengurus MPU yang baru ini kita akan segera mengkonsolidasikan tentang pergerakan terutama bidang ini untuk menanggapi masukan dari masyarakat.

Tgk. Almuzani, menghimbau kepada masyarakat agar Ulil Amri Minkum secara bersama-sama amarmakruf nahi munkar. Karena mungkin munculnya fatwa haram ini salah satu faktor dari sedikit pergeseran norma-norma agama untuk itulah kita amarmakruf kembali kepada agama. Pungkas Tgk. Almuzani. ( Gona )

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts